10 Pemenang Anugerah Pariwisata Halal Berkesempatan Maju Ke Tingkat Dunia

JAKARTA, KOMPAS.com – Sepuluh dari total 15 pemenang Anugerah Pariwisata Halal 2016 diajukan untuk mewakili Indonesia dalam ajang World Halal Tourism Award (WHTA) 2016. Pemerintah masih akan menyeleksi kembali pemenang-pemenang tersebut sebelum mewakili Indonesia.

“Sepuluh kategori ini akan menjadi duta Indonesia di dunia. Untuk membuktikan Indonesia benar-benar menjadi destinasi halal terbaik di dunia,” kata Ketua Tim Percepatan dan Pengembangan Wisata Halal, Riyanto Sofyan dalam Jumpa Pers ‘Pengumuman Pemenang Pariwisata Halal Tingkat Nasional 2016’ di Hotel Sofyan, Jakarta, Rabu (21/9/2016).

Ia mengatakan, Indonesia sendiri memprediksi akan bisa memenangkan lima penghargaan yang dilombakan dalam tingkat dunia. Oleh karena itu, Riyanto menyebut telah memiliki lima kategori yang memiliki kesempatan untuk mewakili Indonesia di ajang WHTA 2016 di Dubai.

“Yang kansnya kuat untuk menang adalah kategori World Best Luxury Hotel yaitu Trans Luxury Bandung, World Best Family Hotel The Rhanada Bali, World Best Tourist Destination di Sumatera Barat, World Best Honeymoon di Lombok, dan World Best Cultural Destination di Aceh,” jelas Riyanto.

Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Budaya Kementerian Pariwisata, Lokot Ahmad Enda mengatakan, persiapan untuk memenangkan Indonesia dalam ajang WHTA 2016 telah disiapkan. Menurutnya, salah satu bentuk persiapan untuk menuju WHTA 2016 adalah penyaringan destinasi wisata.

“Nah, tahun lalu kan tidak ada penyaringan. Hanya dari beberapa industri. Makanya dengan kompetisi ini bisa meningkatkan awareness,” jelasnya.

Adapun pemenang-pemenang Anugerah Pariwisata Halal Terbaik 2016 adalah Provinsi Aceh memenangkan kategori Bandara Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, Destinasi Budaya Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, dan Daya Tarik Wisata Terbaik.

Nusa Tenggara Barat memenangkan Resort Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, Website Travel Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, dan Kuliner Halal Khas Terbaik.

Provinsi Aceh memenangkan kategori Bandara Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, Destinasi Budaya Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, dan Daya Tarik Wisata Terbaik. DKI Jakarta terwakili oleh kategori Operator Haji & Umroh Terbaik. Jawa Barat terwakili oleh kategori Sentra Kuliner Halal Terbaik dan Pusat Belanja Ramah Wisatawan Muslim Terbaik.

World Halal Travel Award adalah ajang penghargaan untuk pariwisata halal di dunia. Tahun lalu, Pulau Lombok berhasil memenangkan kategori World’s Best Halal Tourism Destination dan World’s Best Halal Honeymoon Destination.

Tak hanya Lombok, dari Indonesia Sofyan Hotel Group juga meraih penghargaan World Halal Travel Awards (WHTA) 2015 untuk kategori World’s Best Family Friendly Hotel.

*****

KompasTravel kembali menghadirkan kuis “Take Me Anywhere 2”. Pemenang akan mendapatkan kesempatan liburan gratis yang seru ke Yogyakarta selama tiga hari dua malam.

Hadiah sudah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone. Klik link berikut: Catat, 6 Tips “Selfie” Saat Liburan ala “Take Me Anywhere 2”

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/09/21/190200327/10.pemenang.anugerah.pariwisata.halal.berkesempatan.maju.ke.tingkat.dunia

Leave a Reply