10 Tim Pesepeda Luar Negeri Akan Ikuti “Tour De Linggarjati”

JAKARTA, KOMPAS.comEvent balap sepeda Tour de Linggarjati yang akan digelar pada 28-30 Oktober 2016 mendatang akan diikuti oleh 10 tim pesepeda luar negeri. Rencananya, peserta Tour de Linggarjati akan menempuh jarak lintasan sepanjang 245 kilometer.

“Jumlah peserta Tour de Linggarjati adalah 20 tim, 10 dari Indonesia dan 10 luar negeri,” kata Bupati Kuningan Acep Purnama dalam jumpa pers Launching Tour de Linggarjati di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (13/9/2016).

Ketua Penyelenggara Tour de Linggarjati 2016 Dian R. Yanuar menambahkan, pesepeda asal luar negeri yang sudah mengonfirmasi ikut TdL adalah Malaysia, Australia, Singapura, dan Vietnam.

“Menjelang hari penyelenggaraan, kami harapkan negara-negara lain akan confirm,” tambah Dian.

Pelaksanaan TdL 2016 akan dimulai dari Gedung Naskah Perundingan Linggarjati, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Pesepeda akan melewati 20 kecamatan dan 200 desa di Kabupaten Kuningan.

“Tour de Linggarjati juga bertujuan untuk menggali dan mengenang kejadian di Kuningan yakni Perjanjian Linggarjati pada tahun 1946. Saya harapkan Tour de Linggarjati menjadi kegiatan unggulan dan ikon daerah yang secara langsung meningkatkan brand image Kuningan,” ujar Acep.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menambahkan, event TdL telah diakui oleh UCI (Union Cycling Internationale) dan Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI). Hal itu menjadi alasan event TdL menjadi skala internasional.

“Event Tour de Linggarjati ada dua jenis, Cycling dan Fun Bike. Fun Bike-nya diikuti 5.000 orang,” tambah Arief.

Menurut Arief, event TdL adalah acara sport tourism berskala internasional khususnya cabang cycling keempat yang dimiliki oleh Indonesia. Ia menyebutlan berdasarkan waktu penyelenggaraan di Indonesia. Pertama adalah Tour de Singkarak, kemudian Tour de Ijen, Tour de Flores, dan selanjutnya Tour de Linggarjati.

Dalam TdL, atlet balap sepeda akan memerebutkan titel juara dengan total hadiah sebesar Rp 500 juta. TdL 2016 melombakan tiga kelas yakni Individual Time Trial (ITT), Road Race/Circuit Race, dan Criterium untuk elite (senior), junior, dan youth (pemula).

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/09/13/151529427/10.tim.pesepeda.luar.negeri.akan.ikuti.tour.de.linggarjati.

Leave a Reply