5 Gerai “Hot Chocolate” Yang Perlu Dikunjungi Di Melbourne

MELBOURNE, KOMPAS.com – Warga Melbourne terkenal dengan kecintaannya pada kopi. Kedai kopi pun bertebaran di berbagai titik di ibu kota negara bagian Victoria ini.

Namun, jika Anda bukan penggemar kopi dan lebih menyukai nikmatnya cokelat, Anda harus mencoba sejumlah gerai yang menjual cokelat panas (hot chocholate).

Di sepanjang Swanston Street saja, salah satu jalan teramai di pusat kota Melbourne, ada sejumlah gerai yang menawarkan secangkir cokelat panas dengan cita rasa yang nikmat.

Saat musim dingin tiba, cokelat panas dan seseorang yang terkasih, atau paling tidak buku favorit atau gawai, jadi pasangan terbaik untuk mengusir dingin dan sendu.

Nah, jika sedang berada di Melbourne, jangan lewatkan mempir ke lima gerai cokelat panas berikut ini:

1. Hash Specialty Coffee and Roaster

Seperti namanya, menu utama dari kafe ini sebenarnya adalah kopi dan berbagai turunannya. Namun, kafe ini menyediakan satu-satunya menu cokelat panas yang nikmat lagi unik.

Saat pesanan datang, kegembiraan tersaji di atas baki dari kayu mirip talenan bergurat lambang “#” atau hastag (tagar).

KOMPAS.com/Caroline Damanik Gerai Hash Specialty Coffee and Roaster yang menjual cokelat panas lezat di Melbourne, Australia.

Cokelat panas yang mengandung 85 persen kakao disajikan di gelas kimia yang biasa dijumpai di laboratorium. Di sebelahnya, ada sebuah cangkir dengan kembang gula berwarna putih.

Jangan tunggu lama-lama, segera siramkan cokelat panas ke atas kembang gula tepat di atas cangkir. Tak perlu takut tumpah karena aliran cokelat yang panas akan membuat lubang di bagian atas kembang gula.

Sensasi minum “bak ilmuwan” terasa sempurna setelah meneguk 150 ml cokelat panas itu hingga tandas. Nikmatnya rasa pahit dan asam dari cokelat keluaran Mörk asal Swedia berpadu dengan rasa manis kembang gula.

Saking spesialnya, harga cokelat panas di kafe ini sedikit lebih mahal dari menu kopi yang ada. Tak akan menyesal membayar 6 dolar Australia untuk secangkir kenikmatan dari cokelat panas di Hash.

Di sini, cokelat panas biasa dinikmati dengan berbagai macam makanan, seperti french toast dan baked egg untuk sarapan, burger sapi dan iga sapi untuk makan siang atau croissant untuk kudapan sore hari.

Anda bisa memilih duduk di dalam ruangan yang bernuansa industrial atau di meja dan kursi yang dijejerkan di pinggir jalan sambil melihat orang-orang yang lalu lalang atau yang sedang antre menunggu giliran makan dan minum di Hash.

Alamat      : 113 Hardware St, Melbourne VIC
Jam buka   : 07.00-16.00 (weekday), 08.00-16.00 (weekend)

 

2. Koko Black

Koko Black adalah salah satu merk cokelat terkenal di Australia yang merupakan bisnis keluarga asal Melbourne. Gerainya tersebar di Melbourne, Canberra, Adelaide, Sydney dan Perth.

KOMPAS.com/Caroline Damanik Cokelat panas yang dibeli di salon Koko Black di Queen Victoria Market di Melbourne, Australia.

Di Melbourne, salon, sebutan untuk gerai mereka, ada di tujuh titik. Di setiap gerai, Koko Black juga menjual berbagai jenis cokelat, minuman, mousse, es krim, dan cake yang terbuat dari cokelat.

Khusus minuman, yang wajib dicoba adalah Belgian Hot Chocolate. Harum cokelat seketika menyeruak begitu pelayan memberikan cokelat panas pesanan. Harumnya tak pernah bohong. Saat diseruput, kandungan 54 persen dark chocolate, susu dan krim bakal memanjakan lidah. Teksturnya pun lembut dan creamy. Nikmatnya susah dilupakan.

Salon Koko Black di Queen Victoria Market hanya berupa kios, sedangkan salon di Collins Street kental dengan konsep arsitektur Eropa klasik, tak jauh berbeda sama dengan salon di The Canberra Center, Canberra.

Selain Belgian Hot Chocolate, yang perlu dicoba adalah Hazelnut Hot Chocolate yang dibuat dari perpaduan resep cokelat Belgia yang dimiliki Koko Black dan pasta hazelnut dari Gianduaja serta Chili Hot Chocolate, paduan resep cokelat Belgia dan bubuk cabai. Secangkir cokelat ini dalam ukuran regular dibanderol dengan harga 6,5 dollar Australia, dan cukup tambah 2 dolar Australia jika ingin meng-upgrade ke ukuran besar (large).

Alamat    : Queen Victoria Market, Dairy Produce Hall, Melbourne VIC

Jam buka : 08.00-14.00 (Selasa dan Kamis), 08.00-17.00 (Jumat), 06.00-15.00 (Sabtu), 09.00-16.00 (Minggu), Senin dan Rabu tutup

 

3. Max Brenner

Meski berasal dari Amerika Serikat, mayoritas gerai “chocolate of the bald man” ini berada di Australia. Gerainya tersebar di enam negara bagian Australia, kecuali South Australia.

Jika sedang berada di pusat kota Melbourne di Victoria, sempatkan mampir ke gerainya yang berada di QV Square.

Classic Hot Chocolate buat untuk yang mencoba tak akan pernah mengecewakan. Anda bisa memilih komposisi cokelat panas pesanan Anda terbuat dari dark chocolate, milk chocolate atau white chocolate.

KOMPAS.com/Caroline Damanik Cokelat panas di gerai Max Brenner di Melbourne, Australia.

Paduan dark chocolate dan susu yang pas membuat Classic Hot Chocolate sebagai cokelat panas sejatinya jauh dari kesan semacam susu rasa cokelat. Apalagi disajikan dengan “latte art” bergambar daun dalam sebuah mug tanpa gagang yang disebut “hug mug”.

“Hug mug” sengaja didesain tanpa gagang agar penikmat bisa menyeruput cokelat panas dengan memegang mug dengan kedua tangannya. Ini membuat setiap pengunjung bisa merayakan minum cokelat panas dengan lebih bermakna, penuh kebahagian dan kehangatan setelah menyeruputnya.

Ide ini muncul karena terinspirasi oleh kisah Alice Adventures in Wonderland yang menyatakan bahwa cangkir atau mug bisa meningkatkan fantasi dari ritual minum cokelat panas.

Satu mug Classic Hot Chocolate cukup ditebus dengan harga 5,90 dollar Australia. Jika ada waktu berkunjung lain kali, tak akan kecewa bila mencoba “Mexican Spicy Hot Chocolate” dengan sensasi penuh rempah atau “Suckao: A Concentrated Chocolate Shot” seharga 6.50 dolar Australia. Menu yang terakhir menawarkan pengalaman meracik cokelat panas sendiri.

Untuk menemani minum cokelat panas, Anda bisa memesan Tutti-Frutti Waffle yang juga disajikan dengan satu scoop es krim, Chocolate Soufflé atau buah-buahan yang disajikan dengan lelehan cokelat, seperti Chocolate Strawberry Dip.

Alamat        : 25-27 Red Cape Lane, Level 2 QV Square, 210 Lonsdale Street, Melbourne VIC

Jam buka     : 08.30-22.30 (Senin-Kamis), 08.00-23.30 (Jumat), 09.00-23.30 (Sabtu), 09.00-22.30 (Minggu)

 

4. San Churro Chocolateria

Dari bangku di gerai San Churro Chocolateria di QV Centre, Anda bisa menyeruput cokelat panas pilihan sambil bersantai.

Misalnya, minum cokelat panas hanya sambil menikmati pemandangan orang atau kendaraan yang sibuk lalu lalang di Swanston Street, salah satu jalanan teramai di Melbourne, atau hanya sekadar membaca majalah atau koran yang sengaja disediakan untuk menemani para pengunjung.

KOMPAS.com/Caroline Damanik Azteca, paduan kokoa asal Spanyol yang lezat dengan bubuk cabai, di San Churro Chocolateria, Melbourne, Australia.

Di San Churro, Anda akan penasaran dengan beragamnya cokelat panas yang ditawarkan. Jika Anda seorang yang klasik, Dark Chocolate atau Classic Spanish seharga 5,95 dolar Australia per cangkir bisa menjadi pilihan terbaik. Bedanya, tekstur Classic Spanish lebih kental, sedangkan sensasi pahit lebih terasa pada Dark Chocolate.

Namun, jika Anda suka mencoba hal-hal baru, cobalah Azteca, paduan kokoa asal Spanyol yang lezat dengan bubuk cabai. Teksturnya kental dan tentu saja kaya akan rempah dan sensasi pedas. Seorang teman jatuh cinta dengan cokelat panas ini dan tak pernah mengubah pilihannya ketika bertandang ke gerai San Churro.

Sebagai pendamping menyeruput cokelat panas, tentu saja Anda bisa memesan berbagai pilihan menu churros dan lelehan cokelat. Ada paket churros untuk sendiri, berdua atau ramai-ramai plus buah stroberi atau juga churos berisi cokelat rasa hazelnut atau karamel ala spanyol di dalamnya. Sempurna.

Alamat      : Shop LTL 255, QV Centre, Swanston Street, Melbourne VIC

Jam buka   : 09.00-22.00 (Senin-Kamis), 09.00-23.00 (Jumat-Sabtu), 10.00-22.00 (Minggu)

 

5. Guylian Belgian Chocolate Café

Siapa yang tak kenal dengan Guylian, merek cokelat asal Belgia. Lokasi kafenya mudah ditemui di Swanston Street, Melbourne.

dok.Guylian Belgian Chocolate Café Cokelat panas di daftar menu Guylian Belgian Chocolate Café.

Minum Guylian Hot Chocolate seperti makan berbagai jenis cokelatnya yang memang terkenal lezatnya. Rasanya cenderung manis, namun samar-samar masih rasa pahit dari cokelat.

Jangan menghabiskan cokelat panas Guylian cepat-cepat karena Anda akan menemukan kejutan pada tegukan terakhir. Cokelat yang meleleh tertinggal di bagian dasar cangkir.

Anda tidak akan malu minum sambil mengangkat cangkir tinggi-tinggi hingga lelehan cokelat itu bisa meluncur dengan sukses ke dalam mulut tanpa tersisa.

Menu lain yang bisa dicoba seperti Pepermint Hot Chocolate, Coconut Hot Chocolate atau Banana and Caramel Hot Chocolate. Masing-masing dibanderol dengan harga 6,20 dolar Australia per cangkirnya.

Hampir sama dengan gerai cokelat lainnya, di setiap gerai Guylian juga dijual berbagai macam cokelat, mulai dari praline hingga bars. Anda juga bisa memesan berbagai dessert, mulai dari mousse hingga ganache, atau waffle.

Alamat     : 146 Swanston St, Melbourne VIC

Jam buka  : 08.00-21.00 (Senin-Rabu), 08.00-22.00 (Kamis-Jumat), 09.00-22.00 (Sabtu), 09.00-21.00 (Minggu)

***

Selain kelima gerai cokelat panas di atas, Melbourne menyimpan ratusan tempat lain yang menyediakan pilihan cokelat panas nan lezat. Di tengah kota, Anda bisa menemukan cokelat panas di Ganache Chocolate, Brunetti atau Lindt Chocolate Café.

Anda juga bisa merancang perjalanan sejauh 2,5 km dari pusat kota ke Mörk Chocolate Brew House di Errol Street, Melbourne Utara, yang merupakan produsen bahan dasar cokelat panas yang disajikan di Hash, atau ke Gertrude Street Enoteca yang berjarak 2,5 km ke arah timur, tepatnya di Gertrude Street, Fitzroy, VIC.

 

KOMPAS.com/Caroline Damanik Gerai cokelat panas Max Brenner di Melbourne, Australia.

 

KOMPAS.com/Caroline Damanik Gerai cokelat panas San Churro Chocolateria di Melbourne, Australia.

 

(Tulisan ini merupakan bagian dari program “Jelajah Australia 2016”. Kompas.com telah meliput ke berbagai pelosok Australia pada rentang 14 Mei – 15 Juni 2016 atas undangan ABC Australia Plus. Di luar tulisan ini, masih ada artikel menarik lainnya yang telah disiapkan terbit pada Juli hingga akhir Agustus 2016. Anda bisa mengikuti artikel lainnya di Topik Pilihan “Jelajah Australia 2016”.)

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/09/10/173544827/5.gerai.hot.chocolate.yang.perlu.dikunjungi.di.melbourne.

Leave a Reply