5 Oleh-oleh Wajib Beli Dari Yogyakarta

JAKARTA, KOMPAS.com – Rasanya tak pernah bosan berkunjung ke Yogyakarta. Selain banyak pilihan tempat wisata dan kuliner, Yogyakarta juga menawarkan aneka ragam oleh-oleh bagi para wisatawan. Berikut adalah oleh-oleh yang dapat dibawa untuk kenangan dari Yogyakarta: 

1. Bakpia

Inilah oleh-oleh paling umum dari Yogyakarta. Mau bagaimana lagi, bakpia di Yogyakarta memang lezat, mudah dibawa, dan cukup tahan lama. Beberapa merek bakpia ternama di Yogyakarta adalah Bakpia 25, Bakpia Kurnia Sari, Bakpia Citra Premium, Bakpia Merlino dan masih banyak merek lainnya. Satu kotak bakpia biasanya dibanderol Rp 25.000 – Rp 35.000.

2. Batik

Sepanjang Jalan Malioboro, wisatawan akan dengan mudah menemukan pakaian atau aksesoris yang terbuat dari batik. Jika ingin harga yang lebih murah pergilah ke sentra batik Yogyakarta yakni Pasar Beringharjo. Hanya saja jam operasional Pasar Beringharjo tutup pukul 17.00. Ciri khas batik Yogyakarta adalah bewarna sogan atau bernunasa gelap. Batik bewarna terang umumnya dari daerah pesisir. 

3. Cokelat

Cokelat Yogyakarta tak kalah kualitasnya dengan coelat dari luar negeri. Produsen cokelat ternama dari Yogyakarta di antaranya adalah Tugu Chocolate, Cokelat Monggo, Cokelat Roso, Cokelat nDalem, Cokelat Joyo, dan Soklate. Kabar gembiranya, cokelat dari Yogyakarta ini selain rasanya nikmat dan unik, bungkusnya juga indah sehingga cocok untuk buah tangan.

(Tribun Jogja/ Hamim Thohari) Gudeg Yu Djum di Jalan Wijilan No 167 Selatan Plengkung Wijilan Yogyakarta

4. Gudeg

Bagi wisatawan yang masih belum puas makan gudeg di Yogyakarta, bawalah gudeg sebagai oleh-oleh Anda. Rata-rata penjaja gudeg biasanya sudah menyiapkan bungkusan untuk dibawa keluar kota. Beritahu dahulu pada penjual bahwa gudeg akan dibawa ke luar kota supaya disiapkan bungkusan khusus gudeg agar lebih tahan lama.

Umumnya gudeg dibungkus menggunakan kendil (sejenis kendi dari tanah liat) atau besek (bungkusan dari anyaman bambu). Beberapa merek gudeg juga membuat inovasi yakni dengan bungkusan kaleng. Sehingga tak mustahil gudeg Yogyakarta dibawa sampai ke luar negeri.  

5. Jamur

Dari usaha rumah makan dengan menu hindangan jamur, Jejamuran merambah bisnis jamur kalangen yang dimasak dengan berbagai bumbu. Tentunya jamur kaleng ini cocok untuk dibawa pulang karena mudah dibawa dan tahan lama. Restoran Jejamuran ada di Jalan Pramuka, Sleman, Yogyakarta. 

***

Nantikan pengumuman pemenang kuis “Take Me Anywhere 2” yang diadakan KompasTravel bersama OPPO. Pemenang akan mendapatkan kesempatan liburan gratis yang seru ke Yogyakarta selama tiga hari dua malam. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Raih juga kesempatan memenangi hadiah smartphone OPPO F1s.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/10/07/150600227/5.oleh-oleh.wajib.beli.dari.yogyakarta

Leave a Reply