5 Tempat Wisata Pilihan Di Maumere, Jantung Hati Flores

KOMPAS.com – Maumere berhasil mencuri hati para penonton film “Ini Kisah Tiga Dara” besutan sutradara Nia Dinata yang terinspirasi dari film tahun 1956, Tiga Dara. Di film tersebut, Maumere hadir sebagai latar belakang dari kisah cinta tiga orang saudari.

Pemandangan teluk, pantai, sampai budaya masyarakat dikemas dalam sinematografi yang apik oleh Nia Dinata. Bagi Anda yang ingin mengunjungi Maumere yang terletak di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur ada beberapa destinasi wisata yang tak boleh Anda lewatkan saat ke sana, seperti berikut ini:

1. Teluk Maumere

Sejak tahun 1975, taman laut di Teluk Maumere telah terkenal keindahannya. Meski sempat rusak karena gempa tektonik yang menyebabkan tsunami di tahun 1992, biota laut di Teluk Maumere telah pulih berkat berbagai upaya konservasi.

2. Pantai Kajuwulu

Jangan lewatkan naik ke atas bukit di daerah Pantai Kajuwulu. Dari sana Anda dapat melihat pemandangan Teluk maumere yang spektakuler dan melihat matahari terbit atau terbenam. Sedangkan di Pantai Kajuwulu Anda dapat berenang atau berjemur di pasirnya yang putih.

3. Desa Wuring

Desa Wuring adalah desa nelayan tradisional di Maumere yang terletak dekat pelabuhan. Sebagian besar dari penduduk di desa ini berasal dari Suku Bajo. Letak Desa Wuring berjarak sangat dekat dari kota Maumere, hanya berjarak 3 kilometer.

4. Puncak Bukit Nilo

Lokasi dikenal sebagai tempat ziarah bagi umat Katolik. Disana berdiri patung Maria Bunda Segala Bangsa setinggi 28 kilometer. Bagi wisatawan yang non-Katolik tetap dapat berwisata melihat pemandangan Kota Maumere dari Puncak Bukit Nilo.

5. Pulau Pangbatang dan Pulau Babi Bater

Pulau Pangbatang terletak agak sedikit jauh dari Maumere, Anda harus menempuh satu jam perjalanan menggunakan perahu motor dari pelabuhan Laurens Say di kota Maumere. Namun bagi Anda pecinta diving jangan lewatkan untuk berkunjung ke pulau kecil yang dihuni oleh 20 kepala keluarga yang semuanya nelayan.

Selain alam bawah lautnya yang menakjubkan Anda akan mendapatkan sensasi tinggal di pulau kecil dengan sedikit penghuni. Dekat Pulau Pangbatang ada Pulau Babi Bater yang juga terkenal sebagai spot diving dengan pemandangan yang menajkubkan.

***

KompasTravel kembali menghadirkan kuis “Take Me Anywhere 2”. Pemenang akan mendapatkan kesempatan liburan gratis yang seru ke Yogyakarta selama tiga hari dua malam.

Hadiah sudah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone. Klik link berikut: Gratis Liburan Seru di Yogyakarta, Mau?

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/09/26/090800827/5.tempat.wisata.pilihan.di.maumere.jantung.hati.flores

Leave a Reply