Akhir Pekan Ini, Festival Gandrung Sewu Kembali Digelar Di Banyuwangi

JAKARTA, KOMPAS.com – Festival Gandrung Sewu akan kembali digelar di Pantai Boom, Banyuwangi pada Sabtu (17/9/2016). Ini adalah kali kelima Festival Gandrung Sewu diselenggarakan oleh Kabupaten Banyuwangi.

“Nanti ada 1.200 penari perempuan yang menari. Lima kali (digelar), kita selalu selenggarakan di Pantai Boom,” kata Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, MY Bramuda kepada KompasTravel di sela-sela acara Rapat Koordinasi Kementerian Pariwisata di Gedung Ecovention Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Kamis (15/9/2016).

Ia menyebutkan, wisatawan bisa langsung datang dan menikmati pertunjukan tari oleh 1.200 penari perempuan yang akan membawakan Tari Gandrung Sewu. Bramuda mengatakan, wisatawan bisa melihat Tari Gandrung Sewu dengan latar belakang Selat Bali.

“Tari Gandrung Sewu itu adalah tari ucapan selamat datang menghibur oleh masyarakat Banyuwangi. Dulu yang menari itu laki-laki, untuk menyusun kode untuk pejuang jaman penjajahan,” lanjutnya.

Menurut Bramuda, Festival Gandrung Sewu adalah salah satu agenda unggulan milik Banyuwangi. Selain itu, beberapa acara lain yang menjadi unggulan antara lain International Tour de Banyuwangi Ijen dan Banyuwangi Ethno Carnival (BEC).

Festival Gandrung Sewu akan dimulai pada pukul 14.00 WIB. Wisatawan tak dipungut biaya untuk menikmati acara Festival Gandrung Sewu.

*******

KompasTravel kembali menghadirkan kuis “Take Me Anywhere 2”. Pemenang akan mendapatkan kesempatan liburan gratis yang seru ke Yogyakarta selama tiga hari dua malam.

Hadiah sudah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone. Klik link berikut: Mau Liburan Gratis di Yogyakarta? Ikuti Kuis “Take Me Anywhere 2”

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/09/15/184446527/akhir.pekan.ini.festival.gandrung.sewu.kembali.digelar.di.banyuwangi

Leave a Reply