Banyak Tempat Wisata Di Indonesia Yang Kotor Dan Tidak Aman

MALANG, KOMPAS.com – Kebersihan dan keamanan masih menjadi masalah dalam pengembangan wisata di Indonesia. Banyak destinasi wisata yang masih kotor dan belum menjamin keamanan bagi para wisatawan.

Hal itu disampaikan oleh Kasubid Pengembangan Sadar Wisata pada Kementerian Pariwisata RI Arum Damarintyas. Menurutnya, salah satu lokasi wisata yang masih kotor dan minim pengamanan adalah lokasi wisata pantai.

“Masih banyak (yang kotor dan tidak aman). Terutama di tempat-tempat wisata yang pantai. Pantai-pantai di Indonesia itu masih kotor. Banyak sampah-sampah plastik,” katanya saat menghadiri gerakan sadar wisata dan aksi sapta pesona di Taman Merjosari, Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu (10/9/2016).

Selain soal kebersihan dan keamanan, Indonesia menurut Arum masih minim toilet yang bersih. Ia menyebut masih banyak toilet umum untuk wisatawan yang kotor. Padahal itu berpengaruh terhadap kesan lokasi wisata di Indonesia dimata para wisatawan.

“Permasalahan wisata di Indonesia tuh selain sampah juga toilet. Toilet itu, wisatawan datang dari pesawat, kadang-kadang orang males kan pipis di pesawat, nyari ah WC di bandara. Tapi kadang di bandara juga kotor,” ungkapnya.

“Kita kan ada penelitian, kita ada kemunduran sanitasi dan kebersihan. Biasanya (toilet) kotor, tidak ada tisunya, ada kecoaknya. Wisatawan tidak suka seperti itu,” imbuhnya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Arum menyebut butuh peran serta masyarakat. Menurutnya, masyarakat tidak boleh berperan pasif hanya sebagai penonton. Melainkan masyarakat juga harus pro aktif dalam menjaga kebersihan dan keamanan lokasi wisata.

“Memang kita harus menyadarkan masyarakat. Revolusi mental kata Pak Presiden. Makanya kita harus meningkatkan kesadaran masyarakat. Masyarakat dalam hal ini tidak hanya sebagai penonton, tapi juga harus berpartisipasi. Karena masyarakat merupakan stakeholder untuk pengembangan kepariwisataan selain pemerintah,” jelasnya.

“Masyarakat juga sebagai tuan rumah. Makanya masyarakat harus menciptakan daerahnya yang bersih, yang aman dan sehat supaya menarik wisatawan,” imbuhnya.

Sampai saat ini, pihaknya masih melakukan kunjungan ke tiap-tiap daerah. Terutama daerah yang lokasi wisatanya masih kotor dan tidak aman. “Kita melihat destinasinya, mana yang kotor. Yang perlu kita benahi. Sampahnya masih banyak,” ungkapnya.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/09/10/195023427/banyak.tempat.wisata.di.indonesia.yang.kotor.dan.tidak.aman

Leave a Reply