Batik Yogya Laku Keras Di Rusia

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Pamor batik yang mendunia mampu menyihir masyarakat Rusia untuk memborong habis Batik Yogya dalam Festival Indonesia 2016 belum lama ini, yang digelar di Rusia.

Ada dua batik yang dipajang khusus di stan Yogyakarta, yakni batik klasik dan batik kontemporer.

Hal tersebut disampaikan Duta Besar Indonesia untuk Rusia, M Wahid Supriyadi seusai melakukan pertemuan dengan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, di Kepatihan, Jumat (14/10/2016).

Selain produk batik sendiri, Wahid menerangkan bahwa ada juga workshop dan fashion show batik yang tak kalah diminati masyarakat Rusia.

“Antreannya banyak sekali. Bahkan mereka yang ingin ikut workshop batik sudah mendaftar dua hari sebelumnya. Antusias sekali,” tandasnya.

Melihat apresiasi yang luar biasa tersebut, Wahid menuturkan peluang batik di Rusia sangat besar. Walau demikian, tidak semua batik digemari mereka walau nyatanya batik di stan Yogya ludes dibeli oleh penduduk pecahan Uni Soviet tersebut.

“Pelaku usaha bisa melihat pasarnya. Misalkan orang Rusia lebih menyukai batik dengan motif yang tidak terlalu penuh dan juga warna yang soft,” ucap Wahid.

Capaian yang gemilang tersebut, yang membuat pihaknya mendatangi Kantor Gubernur DIY untuk memberikan laporan itu. Tidak hanya mengabarkan, namun Wahid dan jajarannya juga mengajak serta DIY agar terlibat di Festival Indonesia 2017 dengan mengirimkan tim budaya dari DIY untuk tampil di Rusia.

“Beliau setuju,” ucap Wahid. (Tribun Jogja/Kurniatul Hidayah)

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/10/16/110332927/batik.yogya.laku.keras.di.rusia

Leave a Reply