Begini Asal-usul Lapis Legit Yang Masuk Daftar Kue Terlezat Di Dunia

KOMPAS.com – Baru-baru ini, situs berita CNN mendaulat Lapis Legit khas Indonesia sebagai salah satu kue tradisional terlezat di dunia. Namun tak banyak orang tahu, Lapis Legit rupanya memiliki sejarah yang panjang. Bahkan, kue ini sudah eksis sebelum Indonesia merdeka.

BACA JUGA: Lapis Legit Masuk 14 Kue Nasional Terlezat di Dunia 

Kue yang kaya akan telur dan roombuter ini ternyata memiliki ikatan yang erat dengan bangsa Belanda. Seusai menjajah, Belanda mewariskan banyak khazanah kuliner kepada Indonesia. Sebut saja klappertaart, brudel, brut goreng, hingga aneka cookies.

“Kue ini (Lapis Legit) dibuat oleh orang Belanda yang tinggal di Hindia (Indonesia) pada zaman penjajahan,” ujar Kepala Program Studi Belanda FIB UI, Achmad Sunjayadi saat dihubungi KompasTravel, Rabu (24/8/2016).

Menurutnya, kue ini muncul di Indonesia (Hindia) karena menggunakan rempah-rempah Indonesia seperti kayu manis. Dulu kue tersebut kerap disebut spekkoek (spekuk), yang diambil dari bahasa Belanda. Tak heran sampai saat ini mudah ditemui racikan bahan untuk membuat Lapis Legit yang bernama spekkoek.

BACA JUGA: Lapis Legit, Kue Tradisional yang Lekat dengan Budaya Tionghoa

“Spek memiliki arti minyak babi yang terlihat berlapis-lapis, dan koek adalah bolu. Nama kunonya bolu lapis, tapi sekarang berkembang menjadi Lapis Legit,” ujar Hermina, guru besar linguistik Sinika UI saat dihubungi KompasTravel.

Namun, bukan berarti Lapis Legit menggunakan minyak babi untuk bahan adonannya. Wujudnya yang berlapis-lapis, juga bahan dasarnya yang mengandung banyak telur dan mentega membuat Lapis Legit terlihat seperti lapisan lemak babi.

“Kata spek hanya mengacu pada bentuknya yang seperti lemak babi,” ujar Sunjayadi.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/08/25/091000127/Begini.Asal-usul.Lapis.Legit.yang.Masuk.Daftar.Kue.Terlezat.di.Dunia

Leave a Reply