Belanja Cantik Di Jalan Sulawesi Bali

DENPASAR, KOMPAS.com – Perempuan Bali dikenal gemar berkebaya di banyak berbagai acara penting. Busana kebaya memang lekat dengan kebudayaan Bali sehingga saat sembahyang, upacara adat atau sebuah pesta undangan rata-rata perempuan Bali akan mengenakan busana tradisional perempuan Indonesia ini.

Ragam kebaya di Bali juga biasanya memiliki ciri yang berbeda dengan di Jawa. Model ketat mengikuti siluet tubuh dengan warna warna kontras membuat kebaya Bali banyak diburu oleh kaum hawa tak hanya dari Bali namun juga dari luar Pulau Dewata.

Apabila Anda ingin membeli kebaya khas Bali, jangan lewatkan untuk berkunjung ke suatu jalan yang terkenal sebagai sentra nembeli bahan atau kebaya jadi. Jalan tersebut adalah Jalan Sulawesi yang terletak di Denpasar, Bali.

Sepanjang jalan ini Anda akan mendapati toko-toko yang menjual berbagai bahan, perlengkapan kebaya, serta kebaya jadi atau yang telah dijahit. Meski perbandingan toko yang menjual bahan kebaya jauh lebih banyak dari yang menjual kebaya jadi.

KOMPAS.COM/SILVITA AGMASARI Kain dengan warna kontras di Jalan Sulawesi, Bali.

Kebaya cantik dengan berbagai ukuran dijual di toko-toko ini. Misalnya model peplum, sabrina, kutubaru, atau model kartini. Dengan berbagai bahan brokat, chifon, tulle, dan lainnya.

Ada pula kain tenun khas Bali, kain rangrang atau endek berbagai motif. Untuk harga, jangan khawatir. Jalan Sulawesi sebagai sentra bahan kebaya di Bali tentunya menawarkan harga yang sangat kompetitif.

KompasTravel sempat membeli kebaya brokat di Jalan Sulawesi sebagai buah tangan dari Pulau Dewata. Satu kebaya brokat model kutu baru, dengan dalaman kebaya yang disebut angkin, dan ikat pinggang dengan bros cantik di bagian tengah dibanderol Rp 125.000. Cukup terjangkau bukan?

Jika dibandingkan dengan kebaya model serupa, dengan paket baju dalaman dan ikat pinggang yang dijual di Jakarta, harganya bisa dua kali lipat lebih mahal.

KOMPAS.COM/SILVITA AGMASARI Kain dengan warna kontras di Jalan Sulawesi, Bali.

Mayoritas toko di Jalan Sulawesi masih mengandalkan proses tawar menawar antara pembeli dan penjual. Untuk mengunjungi Jalan Sulawesi, Anda dapat menuju arah Pasar Badung, Denpasar, Bali. Jalan Sulawesi terletak persis di sebelah Pasar Badung.

Jalan ini adalah jalan satu arah sehingga cukup padat pada akhir pekan atau hari-hari tertentu khususnya menjelang hari raya umat Hindu di Bali. Rata-rata toko di Jalan Sulawesi buka dari pagi sekitar pukul 09.00 sampai sore hari, sekitar pukul 17.00.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/09/27/102800327/belanja.cantik.di.jalan.sulawesi.bali

Leave a Reply