Belanja Oleh-oleh Murah Di Bali, Ini Tempatnya…

GIANYAR, KOMPAS.com – Murah itu relatif, tetapi lewat perbandingan harga dengan tempat belanja oleh-oleh lain, Pasar Seni Guwang bisa jadi tempat belanja oleh-oleh paling murah di Bali. Pasar Seni Guwang adalah sentra oleh-oleh yang terletak di Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

Letak Pasar Seni Guwang tak jauh dari Pasar Seni Sukawati, hanya berjarak lima menit berkendara. Konon, Pasar Guwang memang sengaja dibangun sebagai alternatif belanja wisatawan yang membeludak di Pasar Sukawati. 

Di Pasar Seni Guwang ada sekitar 600 lapak yang menjual beragam oleh-oleh khas Bali seperti pakaian dan pajangan.

Komang salah seorang penjual pakaian di Pasar Seni Guwang mengatakan jika belanja di Pasar Seni Guwang lebih murah daripada belanja di tempat lain terutama di Pasar Seni Sukawati. 

Kompas.com/Silvita Agmasari Pasar Seni Guwang di Kecamatan Sukawati, Gianyar, Bali.

“Kalau di sini karena lebih sepi jadi lebih leluasa untuk menawar dengan penjual. Kalau tak sepakat harganya, bisa langsung ke penjual lainnya,” kata Komang.

Lewat pantauan KompasTravel yang datang ke Pasar Seni Guwang, Kamis (29/9/2016) memang Pasar Seni Guwang agak sepi pengunjung dibanding Pasar Seni Sukawati yang KompasTravel singgahi sebelum ke Pasar Seni Guwang. 

Alhasil, menawar jadi lebih mudah. Bayangkan, KompasTravel berhasil mendapatkan celana pendek khas Bali seharga Rp 15.000 dan baju barong yang dibanderol Rp 10.000. Menawarnya pun tak terlalu sulit, mengingat para penjual yang mulai gelisah di siang hari belum dapat uang penglaris alias dagangannya belum laku sama sekali.

Ada lagi gantungan dream catcher yang dibanderol Rp 10.000 per tiga buah. Baru selesai membayar, lapak sebelah menawarkan harga yang sama untuk empat buah gantungan kunci dream catcher.

Kompas.com/Silvita Agmasari Lukisan jadi pilihan oleh oleh saat berkunjung ke Bali.

Selain pakaian, hal lain yang menarik untuk dibeli di Pasar Seni Guwang adalah lukisan. Lukisan yang dijual terdiri dari berbagai macam gaya. Ada abstrak, minimalis, pemandangan, sampai tradisional. Harga yang dibanderol untuk lukisan mulai Rp 50.000 sampai jutaan rupiah.

Ada tips untuk mendapat harga lebih rendah saat berbelanja ke Pasar Seni Guwang. “Datanglah pagi-pagi saat baru buka, lebih murah karena kita mencari uang penglaris, tapi kalau sampai siang seperti ini (pukul 14.00) kita belum dapat penglaris ya pasti dapat harga murah juga,” kata Komang.

Pasar Seni Guwang buka dari pukul setengah sembilan pagi sampai pukul enam sore. Namun saat musim liburan, seperti menjelang tahun baru, Pasar Seni Guwang bisa buka sampai pukul delapan malam.   

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/10/03/102800527/belanja.oleh-oleh.murah.di.bali.ini.tempatnya.

Leave a Reply