Benarkah Orang Indonesia Suka “Steak” Yang Matang?

JAKARTA, KOMPAS.com – Sajian daging “steak” sapi punya tempat khusus bagi para penggemarnya. Tak jarang pula, hidangan ini menjadi pilihan untuk bersantap bagi keluarga maupun anak muda.

Penyajian daging “steak” umumnya terbagi ke dalam lima jenis tingkat kematangan yakni rare, medium rare, medium, medium well, dan well done. Namun, tingkat kematangan manakah yang biasanya disukai oleh orang Indonesia?

“Orang Indonesia biasanya suka di posisi medium well. Rata-rata orang Indonesia, saya lihat mintanya di posisi medium well atau well done,” kata Chef Roberstus Wisnu Untoro yang telah melanglang buana di dunia masak selama lebih kurang 25 tahun kepada KompasTravel beberapa waktu lalu.

Medium well merupakan tingkat kematangan daging yang menyajikan perpaduan antara daging yang cukup empuk dan sisa-sisa juicy yang masih terasa. Pada tingkat ini, warna merah daging telah tersisa sedikit di bagian tengah.

Sementara well done, daging steak telah matang secara sempurna. Daging telah berwarna coklat, tekstur daging terbilang keras, dan sensasi juicy pada daging tak bisa terasa.

Sepanjang 25 tahun ini, orang Indonesia sukanya ke arah medium well atau well done. Kalau sudah disajiin, mereka minta masak dimatangin lagi kalau masih empuk. Orang Indonesia juga gak terlalu suka warna merah-merah darah,” jelasnya.

Wisnu menyebut, hal itu berbanding terbalik dengan di luar negeri. Umumnya, orang-orang di luar Indonesia menyukai tingkat kematangan rare atau medium rare.

“Kalau orang luar negeri itu, makan daging sudah cukup dipanasin saja. Mereka sambil makan, minum red wine. Minuman itu kan bisa membunuh bakteri-bakteri di dagingnya,” ujarnya.

Karakteristik daging steak yang dimasak dengan tingkat kematangan rare adalah sebagian besar masih mentah, masih berwarna merah, dan daging masih terasa berair (juicy).

Sementara untuk medium rare, pada tingkat ini daging steak telah matang di bagian luar tapi masih banyak daging yang mentah pada bagian tengah.

*****

KompasTravel kembali menghadirkan kuis “Take Me Anywhere 2”. Pemenang akan mendapatkan kesempatan liburan gratis yang seru ke Yogyakarta selama tiga hari dua malam.

Hadiah sudah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone. Klik link berikut: Mau Liburan Gratis di Yogyakarta? Ikuti Kuis “Take Me Anywhere 2”

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/09/20/103400727/benarkah.orang.indonesia.suka.steak.yang.matang.

Leave a Reply