Berdoa Dan Berwisata Di Bukit Doa Taber Huta Ginjang

TAPANULI UTARA, KOMPAS.com – Huta Ginjang di Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, merupakan salah satu destinasi wisata untuk menikmati pemandangan Danau Toba. Huta Ginjang berada di ketinggian 1.555 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Menurut Tanjung, warga setempat dan supir yang menemani KompasTravel ke sana, Huta berarti kampung dan Ginjang berarti atas. Oleh karena itu, Huta Ginjang merupakan kampung yang berada di atas.

Dari Huta Ginjang, wisawatan dapat melihat keindahan Danau Toba dan perbukitan yang ditumbuhi pohon-pohon pinus. Di Huta Ginjang ini, wisawatan dapat bermain gantole atau layang gantung.

Selain itu, di Huta Ginjang juga terdapat Bukit Doa Taber (Tapanuli Bersinar), yakni salah satu obyek wisata religi di Tapanuli Utara. Bukit Doa Taber mulai dibangun pada 1996 dan mulai digunakan sejak 2014.

Nursita Sari Obyek wisata reliji Bukit Doa Tapanuli Bersinar (Taber) di Huta Ginjang, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Foto diambil Jumat (9/9/2016).

Bukit Doa Taber merupakan landmark dari Kecamatan Muara. Saat berkunjung ke Bukit Doa Taber, wisatawan akan langsung melihat patung dua telapak tangan yang saling mengatup. Bukit Doa ini memiliki 26 ruangan dan bilik-bilik untuk berdoa.

Selain itu, tempat ini juga dilengkapi dengan tempat kebaktian dan retreat wisata rohani. Sayangnya, saat KompasTravel berkunjung pada Jumat (9/9/2016) siang, akses menuju bilik-bilik untuk berdoa itu dikunci.

“Suka-suka aja kapan berdoanya, tapi kalau Natal ramai,” ujar Tanjung. Selain untuk berdoa, Bukit Doa yang berada dataran bukit tertinggi di Kawasan Danau Toba ini cocok menjadi tempat berfoto karena pemandangannya. Udara di sekitar Bukit Doa pun cukup menyejukkan.

Pada Jumat siang tampak beberapa muda-mudi yang berwisata dan berfoto di sana. Di sekitar Bukit Doa juga terdapat warung-warung yang menjual makanan dan toko suvenir.

Untuk menuju Huta Gintang, wisatawan harus menggunakan kendaraan pribadi atau sewa. Sebab, belum ada transportasi umum ke sana. Jarak Huta Gintang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 15-30 menit dari Bandara Silangit.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/09/10/204649427/berdoa.dan.berwisata.di.bukit.doa.taber.huta.ginjang

Leave a Reply