Berlelah-lelah Demi Indahnya Lembah Harau Dari Bukit Panorama

LIMA PULUH KOTA, KOMPAS.com – Sekitar 138 kilometer dari Kota Padang, tebing-tebing granit Lembah Harau menjulang mengapit persawahan dan jalan. Di beberapa titik tebing Lembah Harau, air terjun juga mengalir deras saat musim hujan. Wisatawan bisa menikmati aliran air terjun itu sembari menikmati kopi.

Namun, ada pilihan kegiatan lain yang tak kalah seru bisa dicoba di Lembah Harau selain menikmati air terjun. Wisatawan bisa mencoba naik ke salah satu bukit di Lembah Harau. Namanya, Bukit Panorama yang terletak di dekat Air Terjun Tebing Berayun.

Bukit Panorama menawarkan lanskap Lembah Harau dari ketinggian sekitar 60 meter dari dasar Air Terjun Akar Berayun. Wisatawan akan ditantang melewati tangga sejauh sekitar 200 meter sebelum tiba di puncak bukit. Lelahnya meniti tangga akan terbayar lunas begitu tiba di puncak bukit.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Titik awal menuju puncak Bukit Panorama yang terletak tak jauh dari Air Terjun Akar Berayun. Perjalanan ke puncak bukit berkisar 200 meter.

KompasTravel sempat mencoba menyusuri tangga untuk menuju puncak Bukit Panorama. Saya mengawali perjalanan pada saat matahari benar-benar berada pada titik kulminasinya.

Di awal perjalanan, penunjuk arah bertuliskan “Panorama” menyambut. Arah tangga meliuk ke arah kiri mengitari sisi bagian dalam bukit batu. Sebuah tempat berteduh berarsitektur rumah adat Minangkabau terlihat tak terawat di pelataran kaki bukit.

Begitu mulai melangkahkan kaki, tangga-tangga nan terjal menyambut. Rasa pengap sedikit menyulitkan untuk bernapas. Maklum, tangga yang dilewati diapit oleh batuan tebing.

Tak seberapa lama mendaki, puncak bukit terlihat. Namun, jalur yang dilewati memang terasa berat karena tak jarang lutut dipaksa untuk menghampiri dada. Keringat pun tak bisa dibendung keluar dari pori-pori kulit.

Dari puncak Bukit Panorama, wisatawan bisa memandang Lembah Harau dari ketinggian. Segarnya angin lembah juga bisa terasa di Bukit Panorama. Sekadar menghabiskan waktu untuk menikmati Lembah Harau dari sisi yang berbeda.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Jalur menurun terjal dari puncak Bukit Panorama yang terletak tak jauh dari Air Terjun Akar Berayun. Jarak dari titik awal menuju puncak Bukit Panorama sekitar 200 meter.

Air Terjun Akar Berayun pun bisa terlihat dari puncak Bukit Panorama jika tengah memancar dari mulut tebing. Guratan-guratan tebing Lembah Harau juga bisa terlihat dari puncak Bukit Panorama.

Sedikit catatan di Bukit Panorama ini adalah banyaknya sampah yang berserakan. Hendaknya, makanan dan minuman yang dibawa saat berwisata ke sana dibawa pulang.

Selain itu, saat berada di puncak Bukit Panorama, wisatawan juga perlu waspada karena tak ada pengaman di sisi bukit. Ancaman kemungkinan terjatuh harus diwaspadai.

Lembah Harau merupakan lembah yang subur terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Lebih dari lima air terjun terdapat di Lembah Harau.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/10/19/080900827/berlelah-lelah.demi.indahnya.lembah.harau.dari.bukit.panorama

Leave a Reply