Birunya Laut Raja Ampat Akan Warnai Times Square New York

JAKARTA, KOMPAS.com – Ikon pariwisata Indonesia yakni kawasan bahari Raja Ampat di Papua akan turut meramaikan jantung kota New York. Sebuah promosi media luar ruang berupa billboard akan terpasang hari ini di pusat keramaian Times Square, New York, menyusul empat billboard ikon pariwisata Indonesia lainnya yang terlebih dulu telah hadir.

“Nanti jam 10 malam saya dapat kabar tentang billboard Raja Ampat. Kan sekarang di New York masih subuh ya,” kata Kepala Bidang Komunikasi Media Ruang Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, Elizabet Hutagaol saat dihubungi KompasTravel, Senin (3/10/2016) sore.

(Baca: Wonderful Indonesia “Mejeng” di Times Square New York)

Elizabet mengatakan billboard Raja Ampat akan dipasang diĀ  5 Times Square & 42nd (Panel 5) F/N. Sementara untuk ukuran billboard yaitu 36 x 85 kaki.

“Untuk Raja Ampat akan mulai hari ini 3 Oktober hingga 30 Oktober,” tambahnya.

Sebelumnya, empat ikon pariwisata Indonesia yang sudah terpasang di Time Square adalah berupa Candi Borobudur di Jawa Tengah, Pantai G-Land di Banyuwangi, Gebogan di Bali (perempuan membawa gebogan khas Bali) dan Taman Nasional Komodo di Labuan Bajo. Keempat bilboard tersebut dipasang sejak tanggal 26 September hingga 24 Oktober 2016.

“Times Square adalah titik wisatawan di dunia yang berkunjung ke New York. Juga tempat hilir mudik masyarakat New York dan di sana juga tempat produk-produk di dunia memasang iklan. Ini yang pertama kali beriklan berbentuk media luar ruang di Amerika Serikat,” kata Elisabet.

Dok. Kemenpar Branding Wonderful Indonesia berbentuk billboard dengan gambar Komodo di Pulau Komodo dan perempuan membawa gebogan di Bali, terpampang untuk kali pertamanya di pusat keramaian Time Square, Manhattan, New York, Amerika Serikat. Lima ikon wisata Indonesia ditampilkan sebagai promosi pariwisata Indonesia.

Adapun materi promosi ikon pariwisata selancar di Pantai G-Land dipasang di 42nd Street dan 8th Avanue F/S dengan ukuran 54 x 18 kaki, hewan komodo dipasang di 5 Times Square & 42nd (Panel 1) F/SE dengan ukuran 36 x 8 kaki, Candi Borobudur dipasang di 5 Times Square & 42nd (Panel 2) F/E berukuran 37 x 37 kaki, dan Gebogan Bali dipasang di 727 Seventh Ave btwn 48th & 49th Streets F/NW berukuran 47 x 25 kaki.

Elisabet menambahkan lima ikon pariwisata tersebut dipilih berdasarkan preferensi wisatawan Amerika Serikat. Ia juga mengatakan dengan adanya media promosi tersebut wisatawan Amerika Serikat bisa merencanakan liburan ke Indonesia.

“Kita pasang di bulan Oktober karena biasanya orang-orang akan merencanakan liburan. Kita harap wisatawan Amerika Serikat bisa menentukan liburan,” jelasnya.

Rencana pemasangan materi promosi luar ruang ini Kementerian Pariwisata telah dilakukan sejak lima bulan yang lalu. Times Square merupakan salah satu kawasan tersibuk di Amerika Serikat. Menurut Elisabet, promosi di kawasan ini berpotensial dilihat banyak orang yang berlalu-lalang di sana.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/10/03/200000527/birunya.laut.raja.ampat.akan.warnai.times.square.new.york.

Leave a Reply