Buat Pencinta Kopi, Ada Festival Kopi Flores Di Jakarta!

JAKARTA, KOMPAS.com — Bagi Anda para pencinta kopi, tanggal 15-17 September 2016 adalah saat yang tepat untuk berkunjung ke Bentara Budaya Jakarta. Sebab, selama tiga hari berturut-turut, Festival Kopi Flores akan digelar dengan beragam acara menarik yang tentunya bertema kopi.

Akan ada parade 1.000 kopi flores gratis bagi para pengunjung, talkshow tentang budidaya kopi, juga workshop latte art dan manual brew. Festival Kopi Flores juga menjadi tempat pertemuan langsung bagi para pelaku di bidang kopi dari Ibu Kota dan dari Flores. 

(BACA: Peserta Jelajah Sepeda Kompas Disuguhkan Kopi Flores)

Salah satu sesi yang ditunggu adalah sesi cupping atau seni menghirup aroma, menyeruput, dan meneguk kopi untuk para stakeholder. Semua kopi dibawa khusus dari daerah-daerah di Flores, Nusa Tenggara Timur, seperti Flores Manggarai dan Bajawa. 

“Acara ini akan kita buat setiap tahun. Kebetulan, kami memulai dari Flores karena berkaitan dengan jelajah sepeda di NTT oleh Kompas. Tahun depan, mungkin akan berbeda lagi daerahnya. Kami mendukung kemajuan kopi di Indonesia secara menyeluruh, hanya waktunya saja bertahap,” kata Ardian Maulana, Event Director Festival Kopi Flores dari Komunitas Indonesian Latte Art Artist, kepada KompasTravel via pesan singkat, di Jakarta, Rabu (14/9/2016).

KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Bupati Manggarai Timur, Yoseph Tote, menyerahkan oleh-oleh khas Manggarai Timur berupa Kopi Arabika dan Robusta kepada peserta jelajah sepeda Kompas Flores-Timor, Minggu (14/8/2016) di Halaman Rumah Jabatan Bupati di Kompleks Golo Karot.

Selain acara-acara di atas, pengunjung juga dapat merasakan pengalaman menyajikan kopi dengan berbagai metode penyeduhan dari para ahli.

Puncak acara Festival Kopi Flores akan diisi dengan penampilan grup band Gugun Blues Shelter, Jumat (16/9/2016) pukul 19.00.

Festival Kopi Flores diselenggarakan pada pukul 10.00-20.00 di Bentara Budaya Jakarta, Jalan Palmerah Selatan Nomor 17, Jakarta Pusat, tepat di seberang gedung Kompas Gramedia.

*****

Ingin merasakan cantiknya alam dan budaya Yogyakarta? Ikuti kuis “Take Me Anywhere 2” yang diadakan KompasTravel bersama Oppo. Cukup klik link berikut untuk mengikuti kuis tersebut: Mau Liburan Gratis di Yogyakarta? Ikuti Kuis “Take Me Anywhere 2”

Pemenang akan mendapatkan kesempatan liburan gratis yang seru ke Yogyakarta selama tiga hari dua malam. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/09/14/182300127/buat.pencinta.kopi.ada.festival.kopi.flores.di.jakarta.

Leave a Reply