“Doyan” Wisata Petualangan? Coba Jelajahi Zimbabwe…

BANTEN, KOMPAS.com – Jika Anda “doyan” wisata petualangan, Zimbabwe bisa jadi salah satu tempat bertualang yang tepat. Dari mulai menjelajah padang rumput hingga berarung jeram di derasnya Sungai Zambesi bisa dilakukan.

Zimbabwe merupakan sebuah negara di Afrika bagian selatan. Kota dengan aktivitas terpadat di Zimbabwe adalah Harare.

Direktur Operator Wisata di Zimbabwe, Routes Through Africa, Yvonne jandles, saat ditemui KompasTravel di sela-sela kegiatan Pata Travel Mart di Serpong, Banten, memberikan rekomendasi kegiatan wisata  petualangan di Zimbabwe. Simak daftar berikut ini.

Arung Jeram di Sungai Zambesi

Wisata petualangan arung jeram Sungai Zambesi berada di bawah aliran Air Terjun Victoria atau Victoria Falls. Petualangan akan dimulai dengan menuruni tebing setinggi 300 meter menuju Sungai Zambesi.

Sungai Zambesi memiliki panjang 2.700 km dan airnya mengalir melewati enam negara. Aliran sungai berawal dari barat laut Zambia dekat perbatasan Angola, dan berakhir ke Samudera Hindia, di Pantai Mozambik. 

Wisatawan bisa memilih panjang lintasan arung jeram sejauh 23 km atau 18 kilometer. Tingkat kesulitan berarung jeram di Sungai Zambesi berkisar dari tingkat 3 hingga 6. 

Berfoto di pinggir Air Terjun Victoria

Belum lengkap jika ke Zimbabwe kalau tak mengunjungi Air Terjun Victoria. Air terjun Victoria terletak di Sungai Zambesi dan memiliki lebar kira-kira 1 mil (1,6 km), dengan ketinggian 128 meter (420 kaki).

Wisatawan bisa berkeliling di tepi Air Terjun Victoria untuk melihat dan mendengar aliran air yang deras. Di sana, wisatawan bisa memilih sekitar 16 titik berfoto yang tersebar di mulut air terjun. 

Reuters Taman Nasional Hwange, Zimbabwe.

Menikmati matahari terbenam di Sungai Zambesi

Tak ingin terlalu ekstrem di Sungai Zambesi, melihat matahari terbenam dari atas kapal bisa dicoba. Wisatawan diajak menyusuri Sungai Zambesi dan melihat hewan-hewan Afrika seperti bangau afrika (Anastomus lamelligerus), egret (Ardea modesta), gajah, dan kuda nil.

Wisatawan akan diajak naik kapal berkapasitas sekitar 40 penumpang. Untuk makanan, wisatawan juga nantinya akan disuguhkan makanan seperti barbeque daging kudu, daging guineafowl, daging sapi, cocktails, serta beragam sosis. 

Bertualang di Taman Nasional

Setidaknya ada beberapa taman nasional yang bisa dikunjungi saat pergi ke Zimbabwe. Wisatawan bisa mengunjungi Taman Nasional Hwange, Matobo Hills, Mana Pools, Chizarira, Gonarezhou, dan Matozadona.
 
Di taman nasional, wisatawan bisa bersafari naik mobil berkeliling padang rumput dan melihat satwa liar. Wisatawan akan ditemani oleh pemandu wisata untuk melihat habitat satwa liar.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/09/10/130700827/.doyan.wisata.petualangan.coba.jelajahi.zimbabwe.

Leave a Reply