Dubai Akan Punya Hutan Buatan Mirip “Jurassic Park”

KOMPAS.com — Hutan hujan tropis yang terinspirasi dari film Jurassic Park akan dibangun di hotel pencakar langit di Dubai. Hutan seluas 7.000 meter persegi itu akan menjadi bagian dari Rosemont Hotel and Residences Dubai, properti yang berada di bawah jaringan Curio, Hilton.

Rosemont Hotel and Residences Dubai rencananya rampung dan bisa diinapi tamu pada 2018. Kawasan itu akan terdiri atas dua menara dengan 53 lantai dan 280 kamar apartemen.

“Konsep klien kami adalah untuk membuat destinasi yang sangat unik untuk Kota Dubai, juga membuat proyek yang akan menjadi tujuan itu sendiri, dengan tujuan rekreasi dan kemudahan hiburan di dalam hotel,” kata Kepala Arsitek dan Partner ZAS Arsitek Dubai, DJ Armin, dikutip KompasTravel dari CNN.

Dalam membangun proyek hotel dan hutan hujan tropis itu, Armin bekerja sama dengan Dubai Architects Kieferle & Partner untuk urusan desain. Taman tersebut diciptakan sebagai ruang rekreasi ramah keluarga yang dapat digunakan sepanjang tahun.

“Sebagai tempat yang bukan di pantai, kami melihat bagaimana kita bisa membuat lokasi baru untuk ruang rekreasi di kota, juga sepenuhnya mengintegrasikan alam dengan pengalaman yang akan dirasakan para tamu. Sebuah hutan hujan tropis adalah jawabannya,” kata Armin.

Dok. CNN Travel Proyek hutan hujan tropis di hotel pencakar langit di Dubai.

“Di dalam hutan hujan tropis, kami telah membuat lanskap mirip dengan lingkungan tropis, lengkap dengan jalan petualangan, pantai berpasir, kolam renang, air terjun, sungai, dan sebuah kafe bertema hutan hujan. Di sana juga akan ada hutan rawa yang terinspirasi dari zaman prasejarah (film) Jurassic Park,” kata Armin.

Dalam hutan hujan tropis itu terdapat teknologi sensor sistem hujan yang membuat tamu hotel merasakan pengalaman secara 360 derajat. Armin mengatakan, tamu akan bisa merasakan hujan di hutan tanpa merasa basah.

Sensor akan mengontrol lokasi hujan turun berdasarkan tempat tamu hotel yang terdeteksi. Air akan dikumpulkan, disimpan dari proses kondensasi, dan didaur ulang untuk menciptakan lingkungan yang lembab mirip dengan hutan hujan tropis.

Rencananya, hutan hujan di luar ruangan akan berada di sisi tertinggi tempat hiburan yang menghubungkan hotel dan menara apartemen. CNN melaporkan, proyek hutan hujan tropis ini masih berada di tahap awal. Namun, nantinya, hutan hujan ini akan terbuka untuk umum serta tamu hotel.

“Hotel ini juga akan punya sejumlah toko makanan dan minuman, tiga restoran, kafe lobi, dan dua bar. Para tamu akan memiliki akses ke gym lengkap, kolam renang luar ruangan, dan spa yang bisa mereka manfaatkan untuk menikmati perawatan mewah,” kata Pemimpin Umum Curio, Mark Nogal, kepada CNN.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/09/08/161000627/dubai.akan.punya.hutan.buatan.mirip.jurassic.park.

Leave a Reply