Durian Sidikalang Manisnya Maksimal

JAKARTA, KOMPAS.com – Daerah Sidikalang di Sumatera Utara selama ini lebih dikenal sebagai daerah penghasil kopi. Namun tahukah Anda, ternyata Sidikalang juga memiliki perkebunan istemewa lain selain kopi, yakni durian.

Durian Sidikalang hadir di acara Fruit and Veggie Festival yang berlangsung 26 Agustus – 4 September 2016 di Mal Blok M Square, Jakarta. Salah satu stan durian yang membawa durian Sidikalang adalah stan Durian Too Cool.

“Durian ini istimewanya legit dan manisnya tajam sekali,” kata Bang Tukul saat KompasTravel mengunjungi stannya, Sabtu (27/8/2016).

(BACA: Menyantap Durian, Segala Penyakit Ditinggal Dulu…)

Ia memberi KompasTravel satu buah durian Sidikalang untuk dicicip. Warnanya kuning keemasan dan ukurannya lumayan besar untuk buah durian.

Saat dimakan, benar saja rasanya memang sangat manis! Biji durian sidikalang besar tetapi tak masalah karena dagingnya sangat tebal. Untuk tekstur, durian sidikalang memiliki tekstur yang legit dan creamy. Makan durian sidikalang mengingatkan saya akan rasa es krim durian.

Kompas.com/Silvita Agmasari Stan durian Too Cool di Furit and Veggie Festival

KompasTravel sempat mencoba buah dari durian sidikalang yang lain. Buah durian satu ini justru berdaging putih pucat, tak kuning seperti sebelumnya.

Rasanya manis tetap kuat tetapi dengan campuran rasa pahit. Rasanya cocok bagi Anda penikmat durian yang suka sensasi rasa pahit. “Memang yang kuning itu tak semua buah begitu,” kata Bang Tukul.

Untuk Fruit & Veggie Festival, stan Too Cool memboyong 875 kilogram durian dari Sidikalang ke Jakarta. Durian ini diangkut menggunakan pesawat.

Harga satu butir durian sidikalang dibanderol Rp 60.000 – Rp 250.000. Di Sumatera Utara, stan durian Too Cool membuka gerai di daerah Tembung, Medan.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/08/28/100900427/Durian.Sidikalang.Manisnya.Maksimal

Leave a Reply