Empat Warna Seragam Pramugari Garuda, Apa Bedanya?

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebagai maskapai nasional, Garuda Indonesia dituntut untuk mengenalkan kekayaan Nusantara kepada dunia. Salah satu caranya adalah dengan mengenakan kain batik sebagai bawahan rok pramugari.

Cara lainnya adalah dengan seragam pramugari yang terdiri dari empat warna, yakni cobalt blue,oranye, ungu, dan biru toska.

“Ada empat warna seragam pramugari Garuda. Dua warna untuk pelaksana, satu untuk pramugari first class, dan satu untuk supervisor,” tutur Riva, salah satu pramugari Garuda Indonesia yang ditemui KompasTravel di Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2016, di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat (7/10/2016). 

WAWAN H PRABOWO Garuda Indonesia Raih World Best Cabin Staff – Para pramugari Garuda Indonesia melakukan performer usai menerima penghargaan Worldâ??s Best Cabin Staff dari Skytrax yang berbarengan dengan ajang pameran kedirgantaraan Farnborough Air Show 2016 di Farnborough, Inggris, Selasa (12/7). Penghargaan ini merupakan yang ketiga kalinya bagi Garuda Indonesia.
Kompas/Wawan H Prabowo

Dua warna yang dikenakan oleh pelaksana adalah oranye dan biru toska. Dari situs Garuda Indonesia, biru toska berarti kepuasan dan kesegaran tropis. Oranye menggambarkan kehangatan, keramahan, dan energik.

“Seragam warna ungu digunakan oleh pramugari first class, sedangkan cobalt blue digunakan oleh supervisor,” kata Riva.

Warna ungu menggambarkan sikap elegan, kreatif, dan inspiratif, sedangkan cobalt blue menggambarkan keandalan, kepercayaan, otoritas, dan ketenangan.

“Pelaksana bebas menentukan warna seragam, apakah biru toska atau oranye,” kata Riva.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/10/08/090400327/empat.warna.seragam.pramugari.garuda.apa.bedanya.

Leave a Reply