Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Imunitas Tubuh

 

Menurut National Cancer Institute, jangka waktu stres yang intens dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. John Spangler, MD, seorang profesor keluarga dan kedokteran di Wake Forest Medical Center di North Carolina, mengatakan stres menyebabkan otak meningkatkan produksi hormon kortisol dan melemahkan fungsi sel T melawan infeksi.

Anda harus mengadopsi kegiatan menghilangkan stres untuk membantu sistem kekebalan tubuh.

Hal ini sangat berkaitan erat dengan fungsi sistem kekebalan tubuh yang buruk. Kurang tidur dapat mengurangi jumlah sel – sel pembuluh yang melawan kuman. Penelitian dari University of Chicago menemukan pria yang tidur hanya empat jam semalam untuk satu minggu memproduksi setelah jumlah antibodi yang berjuang melawan flu dalam darah, dibanding dengan mereka yang tidur 7 – 8 jam.

John Spangler percaya bahwa asupan alkohol yang berlebihan dapat mengurangi respon sistem kekebalan tubuh untuk menyerang patogen.

“Metabolit utama alkohol, asetaldehida, kemungkinan dapat merusak fungsi dari paru – paru. Ini akan membuat mereka rentan terhadap invasi bakteri dan virus,” kata John.

Konsumsi gula berlebihan dan makanan yang mengandung pestisida, bahan kimia tambahan dan pengawet dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Menurut sebuah studi di American Journal of Clinical Nutrition, kemampuan untuk membunuh sel – sel darah putih yang dirugikan setelah konsumsi 100 gram gula. Obesitas dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh Anda lemah karena dapat mempengaruhi kemampuan memperbanyak sel darah putih. Memproduksi antibodi dan mencegah peradangan.

 Sumber:
http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2324282/faktor-yang-berpengaruh-terhadap-imunitas-tubuh

 

Leave a Reply