Festival Belanja Sebulan Penuh Digelar Di Korea

JAKARTA, KOMPAS.com – Wisatawan yang menyambangi Korea Selatan (Korsel) sepanjang Oktober 2016 berkesempatan untuk menjadi bagian dari festival belanja dan wisata terbesar. Korea Sale FESTA digelar oleh pemerintah Korea bekerja sama dengan instansi swasta, dengan 277 perusahaan dan 41.000 toko sebagai pesertanya. 

Korea Sale FESTA merupakan bagian dari ‘2016-2018 Visit Korea Year’. Acara ini mengombinasikan Korean Wave dengan belanja dan tur. Seperti Festival Samba di Brasil, Oktoberfest di Jerman, dan festival salju Sapporo di Jepang. FESTA sendiri merupakan singkatan dari Festival, Entertainment, Shopping, Tour, dan Attraction.

Dari rilis Korea Tourism Organization (KTO) yang diterima KompasTravel, Kamis (13/10/2016), wisatawan asing yang menyambangi Korsel sepanjang Korea Sale FESTA bisa mendapatkan beragam keuntungan. Misal dari segi transportasi, belanja, kecantikan, akomodasi, hiburan, atraksi wisata, makanan, dan lain-lain.

Pusat perbelanjaan, pasar, dan duty free juga ikut berpartisipasi dalam acara ini. Total ada 277 perusahaan dan 41.000 toko yang mendaftar sebagai peserta resmi.

Selain itu, sepanjang Korea Sale FESTA digelar konser K-Pop di berbagai tepat. Sebagai pembukaan, konser K-Pop telah digelar di Gangnam pada 30 September lalu. Akhir pekan ini yakni 15-16 Oktober 2016, pengunjung bisa menikmati Korean Wave mulai dari brand, culture, beauty, fashion, food, dan tour.

KOMPAS/MUKHAMAD KURNIAWAN Pengunjung menyesaki kawasan belanja Myeongdong di Seoul, Korea Selatan, Minggu (28/8/2016). Selain penganan tradisional yang dijajakan pedagang kaki lima, toko-tokok di kawasan ini menawarkan aneka produk kosmetik.

Sepanjang Oktober pula, ada beragam acara kebudayaan dan tur yang digelar di berbagai kota.

Total ada 18 macam festival kebudayaan dan kesenian yang digelar di kota-kota besar, dan 37 festival lainnya di seluruh Korea. Antara lain Busan One-Asia Festival, Gwanju Biennale, Jarasum International Jazz Festival, dan Korea Drama Festival. 

Untuk memudahkan wisatawan dalam berpartisipasi dalam Korea Sale FESTA, terdapat brosur multibahasa yang disebar di berbagai tempat. Ada brosur berbahasa Inggris, China, dan Jepang.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/10/15/081200127/festival.belanja.sebulan.penuh.digelar.di.korea

Leave a Reply