Festival Naga Berbunga, Ada Selamatan Desa Sampai Pelepasan Lampion

BANYUWANGI, KOMPAS.com – Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (8/10/2016) malam menggelar puncak Festival Naga Berbunga Jambesari.

Ada beberapa kegiatan yang digelar mulai prosesi pengawinan buah naga, selamatan desa hingga melepaskan lampion di tengah sawah.

Kepala Desa Jambewangi Suprayitno kepada KompasTravel menjelaskan festival tersebut sengaja mengambil momentum selamatan kampung dalam rangka memulai musim kawin (polinasi) pohon buah naga yang mulai memasuki musim berbunga.

“Potensi alam di sini sangat baik untuk melakukan perkawinan terhadap bibit tanaman, seperti halnya tomat, cabai dan juga buah naga. Nah, saat ini kita mencoba mengembangkan buah naga untuk menjadi produk andalan desa kami,” ujar Suprayitno.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Selamatan desa di Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (8/10/2016).

Saat ini dari luasan 500 sampai 600 hektar lahan pertanian di Desa Jambewangi ditanami buah naga.

Sementara itu ribuan pengunjung memadati sepanjang jalan bulak Pucang Sari Jalan Slamet Cokro, Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu.

Setelah berdoa bersama oleh umat lintas agama (Islam, Hindu, dan Nasrani) untuk mengharap keberkahan hasil pertanian yang dilakukan, masyarakat melepaskan ratusan lampion ke udara.

Selamatan makan dilakukan dengan takir (makanan yang ditempatkan dari wadah yang berasal dari daun pisang) oleh semua pengunjung.

“Ini untuk pertama kalinya kita mengadakan Festival Naga Berbunga. Tak menyangka antusias masyarakat bisa membeludak seperti ini,” ungkap Suprayitno.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Masyarakat sedang menerbangkan lampion di Festival Naga Berbunga di Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Banyuwangi, Jatim, Sabtu (8/10/2016).

Sementara itu, Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widiyatmoko yang menghadiri langsung merasa senang dengan antusiasme masyarakat dalam menggali dan mengembangkan potensi desanya masing-masing.

“Jika geliat masyarakat desa seperti Jambewangi semua dalam mengembangkan potensinya, maka saya optimistis Banyuwangi ke depan akan semakin maju,” kata Widiyatmoko.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/10/11/153600827/festival.naga.berbunga.ada.selamatan.desa.sampai.pelepasan.lampion

Leave a Reply