Goa Thien Cung Di Vietnam, Wow… Indahnya

KOMPAS.com – Goa Thien Cung adalah salah satu atraksi populer di Halong Bay, Vietnam. Goa ini sampai mendapat julukan goa surga karena keindahannya.

Goa Thien Cung terletak di selatan Halong Bay, sekitar 4 kilometer dari pelabuhan kapal pesiar Pulau Dau Go dengan ketinggian 25 meter di atas permukaan laut.

Seperti goa lainnya, Goa Thien Chuang mempunyai banyak stalaktit dan stalakmit. Yang membuat goa ini begitu berbeda dari goa lain adalah stalaktit dan stalakmit yang berbentuk unik.

Ada stalaktit yang berbentuk naga, burung phoenix, dan 4 pilar yang mirip dengan istana kaisar. Inilah salah satu alasan yang menyebabkan goa ini disebut sebagai goa surga.

Karena mempunyai pintu masuk yang sempit serta tumbuhan yang menutupi pintu masuk, Goa Thien Cung baru memerlukan waktu yang cukup lama untuk ditemukan.

BARRY KUSUMA Goa Thien Cung di Halong Bay, Vietnam. Goa ini dijuluki goa surga karena keindahannya.

Pada tahun 1993, terjadi badai besar sehingga seorang nelayan secara tidak sengaja menemukan dan menjelajahi goa tersebut.

Konon, sebuah legenda berkembang di Goa Thien Cung mengenai Raja Naga yang bersemayam di Goa Thien Cung yang sering membantu penduduk. Raja Naga pernah membantu penduduk melawan penyerbu serta menyelamatkan mereka dari kekeringan.

Mungkin karena Raja Naga sering membantu, sepasang suami istri bertekad untuk menemukan Raja Naga. Keinginanan mereka terkabul. Mereka mempunyai anak bernama May yang jatuh cinta kepada Pangeran Naga ketika dewasa.

Pernikahan mereka diselenggarakan selama 7 hari di pusat goa dengan meriah. Naga-naga yang terbang di antara awan, bayi gajah dan singa yang berdansa, ular piton yang melata di sekitar pohon beringin tua, dan elang raksasa melebarkan sayapnya selama perayaan berlangsung. Hal itu bisa saja menjelaskan stalaktit berbentuk naga dan burung phoenix.

Turis akan dikejutkan oleh stalaktit yang indah ketika memasuki goa melalui celah yang sempit. Dari timur tebing goa, terdapat gambar atau lukisan karakter dongeng kuno yang menghiasi goa dengan tekstur yang lembut dan goresan indah yang diciptakan oleh alam.

BARRY KUSUMA Goa Thien Cung di Halong Bay, Vietnam. Goa ini dijuluki goa surga karena keindahannya.

Di tengah goa, terdapat 4 pilar besar yang menambah kesan istana terhadap goa tersebut. Dari dasar sampai puncak pilar, terdapat banyak bentuk-bentuk unik seperti burung dan ikan, kegiatan manusia, bunga dan sebagainya yang menghiasi pilar.

Di utara tebing goa tersebut, terdapat gambar gadis-gadis surgawi yang menari untuk menyelamati pernikahan pangeran dan May. Di bawah lengkungan Goa Thien Cung, terdapat sekumpulan skalaktit yang membentuk tirai batuan alami.

Selain itu, di suatu tempat di dalam goa, Anda bisa mendengar suara drum seperti festival zaman dahulu. Sebenarnya, itu adalah suara angin yang melewati lubang di antara batuan. Di langit-langit goa, turis bisa melihat warna hijau stalaktit seakan mereka ada di adegan Penglai.

Di area terakhir goa, sinar putih, merah, dan biru menghasilkan gradasi yang indah. Selain itu, di area tersebut terdapat kolam air bersih yang berdasarkan legenda disebut-sebut sebagai tempat May memandikan 100 anaknya dan membesarkan mereka.

BARRY KUSUMA Goa Thien Cung di Halong Bay, Vietnam. Goa ini dijuluki goa surga karena keindahannya.

Legenda juga mengatakan bahwa jalan berlekuk yang terdapat di goa menyaksikan May dan 50 anaknya meninggalkan goa untuk menjelajahi dunia luar, sisanya tetap tinggal di goa bersama ayahnya untuk membangun dan mengembangkan goa tersebut.

Memang tidak salah jika menyebutkan Goa Thien Cung sebagai istana surga. Keindahan goa akan membuat anda tidak menyesali keputusan anda untuk berwisata ke Goa Thien Cung.

Berkunjung ke goa ini dapat membuat anda benar-benar merasa seakan anda telah mengunjungi surga. Jadi sungguh sayang kan jika dilewatkan? (BARRY KUSUMA)
Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/08/30/103300527/Goa.Thien.Cung.di.Vietnam.Wow.Indahnya

Leave a Reply