Gorontalo Harus Manfaatkan Ramainya Pariwisata Sulut

GORONTALO, KOMPAS.com –  Pelaku pariwisata Gorontalo harus mampu memanfaatkan ramainya pariwisata dengan dibukanya penerbangan internasional di Kota Manado, Sulawesi Utara.

Penerbangan internasional ini membuka peluang bagi pengembangan pariwisata lokal Gorontalo, melalui promosi kekayaan alam dan budaya Gorontalo.

“Sekarang sudah ada penerbangan internasional dari 8 kota di China ke Manado. Ini peluang untuk menawarkan paket wisata Gorontalo kepada wisatawan China,” kata Budiyanto Sidiki, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Gorontalo, Selasa (18/10/2016).

Yang harus dilakukan adalah menetapkan destinasi pariwisata yang akan ditawarkan, membangun infrastruktur yang diperlukan bagi kenyamanan wisatawan.

Jarak antara Kota Manado dan Gorontalo tidak jauh, diperlukan seteangah jam perjalanan udara untuk menghubungkan dua kota ini.

KOMPAS.com/Rosyid Azhar Parade pakaian adat Gorontalo yang ditampilkan dalam pembukaan Festival Pesona Danau Limboto di Pentadio Resor

Jika ditempuh dengan perjalanan darat, sekitar 8 jam perjalanan di pesisir pantai utara yang menawarkan pesona alam yang memikat.

“Target kita adalah wistawan mancanegara, nusantara, dan lokal,” kata Budiyanto Sidiki.

Untuk itu Budiyanto meminta dinas terkait dan pelaku pariwisata di Gorontalo dapat segera membuat paket wisata yang ditawarkan ke wisatawan. Paket ini juga bisa dirangkaikan dengan kalender kegiatan wisata yang sudah terjadwal.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/10/19/141100527/gorontalo.harus.manfaatkan.ramainya.pariwisata.sulut

Leave a Reply