Indonesia Berupaya Jaring Lebih Banyak Wisatawan Afsel

JAKARTA, KOMPAS.com – Indonesia berupaya menjaring lebih banyak wisatawan mancanegara (wisman) dari Afrika Selatan (Afsel) melalui berbagai upaya termasuk ikut serta dalam pameran pariwisata di negara itu hingga melakukan “sales mission” ke Afsel.

Asisten Deputi Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Afrika Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Nia Niscaya di Jakarta, Kamis (22/9/2016), mengatakan pihaknya semakin serius menggarap pasar wisata Afsel.

“Salah satu kegiatan yang kami lakukan yakni sales mission yang diikuti travel agent dari Indonesia untuk bertemu dan menjajaki peluang bisnis dengan pelaku usaha di Durban dan Cape Town, Afsel,” kata Nia.

Kegiatan itu dilaksanakan pada 20-21 September 2016 terinci pada 20 September 2016 di Durban dan pada 21 September 2016 di Capetown.

Menurut Nia, antusiasme para pebisnis travel agent di dua kota itu untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan para “seller” dari Indonesia sangat tinggi.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Wisatawan asing menaiki becak di Jalan Malioboro, Yogyakarta, Jumat (15/4/2016).

Kemenpar, lanjut Nia, juga akan memfasilitasi para pelaku usaha pariwisata Indonesia untuk turut serta dalam ajang pameran pariwisata tahunan “The Gateway Show Africa” yang digelar di Ticketpro Dome, Johannesburg, Afsel, pada 23-25 September 2016.

Menurut Nia, keikutsertaan ini merupakan salah satu strategi untuk mengoptimalkan diri dalam menggarap pasar wisata Afrika yang potensinya masih sangat besar.

Dari data Pusdatin Kemenpar dan BPS, jumlah kunjungan wisatawan Afrika ke Indonesia terus meningkat yakni 37.306 orang pada 2012, 42.607 orang pada 2013, dan 45.276 orang pada 2014.

Wisman asal Afsel ke Indonesia umumnya meminati wisata belanja, wisata budaya, wisata bahari, dan wisata petualangan.

Sementara itu Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar, I Gde Pitana mengatakan The Gateway Show akan menjadi ajang yang sangat potensial untuk mempromosikan pariwisata Indonesia dalam kemasan Wonderful Indonesia kepada publik di Afsel.

KOMPAS/IWAN SETIYAWAN Turis asing mengabadikan keindahan Pura Taman Ayun di Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, Senin (15/8/2016). Wisata ke Bali kini dapat dilakukan siapa pun dengan biaya terjangkau.

“The Gateway Show merupakan bursa pariwisata berskala internasional yang disponsori oleh Mercedes-Benz Vans, kegiatan ini dihadiri para pelaku industri, media, dan masyarakat di Afsel,” katanya.

Tercatat setidaknya lebih dari 316 industri, 142 media, 3.462 pengunjung, dan 4.127 industri profesional (pengunjung) akan hadir dalam acara tersebut.

“Dari total keseluruhan pengunjung yang hadir pada penyelenggaraan acara serupa pada 2015, terjadi peningkatan 18 persen dibandingkan pengunjung yang hadir pada 2014,” katanya.

Pitana mengatakan keikutsertaan Kementerian Pariwisata pada acara tersebut merupakan pertama kalinya namun ia berharap akan banyak peluang bisa dioptimalkan melalui ajang itu.

Ia mengatakan Kemenpar menggandeng enam pelaku industri dari Indonesia untuk terlibat dalam acara itu yakni Afronesia Tours, PT Bhara Tours, Nusa DuaBeach Hotel Bali, The Facet Tours, Maya Ubud Resort Bali, dan Suburban Travel and Tour Advisors yang menjual paket-paket wisata Indonesia.

KOMPAS/HARIS FIRDAUS Sejumlah wisatawan menaiki andong untuk berwisata keliling Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (28/12/2015). Wanurejo merupakan salah satu desa di sekitar Candi Borobudur yang menawarkan paket wisata untuk menarik turis yang berkunjung ke Borobudur.

“Di Pavilion Wonderful Indonesia kami juga akan menampilkan tim kesenian tradisional di antaranya Tari Cendrawasih dari Bali, Tari Renggong Manis dari Betawi, Tari Jaipongan dan Tari Doger Kontrak Ketuk Tilu yang diharapkan dapat menarik lebih banyak pengunjung,” katanya.

Disamping itu, Pavilion Indonesia juga menampilkan atraksi Barista yang menyajikan berbagai macam kopi Indonesia dan makanan tradisional Indonesia.

*****

KompasTravel kembali menghadirkan kuis “Take Me Anywhere 2”. Pemenang akan mendapatkan kesempatan liburan gratis yang seru ke Yogyakarta selama tiga hari dua malam.

Hadiah sudah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone. Klik link berikut: Catat, 6 Tips “Selfie” Saat Liburan ala “Take Me Anywhere 2”

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/09/23/170500827/indonesia.berupaya.jaring.lebih.banyak.wisatawan.afsel

Leave a Reply