Ingin Tidur Nyenyak Selama Penerbangan? Simak Tipsnya…

KOMPAS.com – Bangku yang tegak, suara yang bising dan lampu yang terang kerap menjadi kendala saat ingin beristirahat selama berada di pesawat. Jangan salah, tidur nyenyak selama penerbangan sangat penting agar Anda tidak merasa kelelahan saat tiba di destinasi tujuan.

Namun, tak sedikit pelancong yang kesulitan tidur nyenyak selama penerbangan. KompasTravel menghimpun beberapa tips agar Anda bisa beristirahat secara maksimal, terutama saat penerbangan jarak jauh.

Hindari alkohol dan minuman berkafein

Sebelum dan selama penerbangan, ada baiknya Anda menghindari minuman berkafein seperti teh atau kopi. Kedua minuman ini akan meningkatkan detak jantung, membuat Anda lebih aktif, serta menimbulkan dehidrasi.

Begitu juga dengan minuman beralkohol. Banyak penelitian menyatakan, minuman beralkohol bisa berdampak timbulnya dehidrasi. Anda akan merasakan jet lag yang lebih parah jika mengonsumsi minuman satu ini sebelum atau selama penerbangan. 

Bawa sleep kit

Sleep kit alias perlengkapan tidur yang bisa dibawa bepergian sangat penting dalam perjalanan jauh. Sleep kit biasanya terdiri dari bantal leher, penutup mata, penutup kuping, dan kaus kaki. Gunakan semua barang tersebut begitu Anda mau beristirahat. 

Pilih bangku

Saat check in, lebih baik pilih window seat alias kursi dekat jendela. Hindari kursi di bagian tengah, di antara dua orang asing, karena Anda tidak akan leluasa bersandar ke jendela. Hindari juga aisle seat alias kursi di bagian lorong karena pramugari pasti mondar-mandir di samping Anda.

Unduh musik yang menenangkan

Boarding gate di bandara pasti punya fasilitas WiFi gratis. Manfaatkanlah dengan mengunduh lagu atau musik yang menenangkan, seperti suara burung atau hujan. Ini berguna agar Anda tidur lebih nyenyak selama penerbangan.

Gunakan pakaian yang nyaman 

Salah satu tips terpenting selama penerbangan adalah gunakan pakaian yang nyaman. Jangan gunakan pakaian yang ketat atau pas badan. Gunakanlah pakaian dengan bahan katun yang nyaman. 

Jangan lupa bawa sweater untuk menghindari Anda kedinginan di dalam pesawat. Kaus kaki dan syal juga bisa membantu menghangatkan tubuh.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/09/10/061200727/ingin.tidur.nyenyak.selama.penerbangan.simak.tipsnya.

Leave a Reply