Ini Dia 5 Wisata Batik Yang Bisa Anda Kunjungi

JAKARTA, KOMPAS.com – Berwisata tidak hanya bisa Anda lakukan dengan berjalan-jalan ke destinasi alam maupun luar negeri.

Sambil berwisata, Anda juga dapat mempelajari kekayaan budaya Indonesia seperti batik. Tidak hanya dijual di toko-toko saja, batik juga sudah diperkenalkan kepada wisatawan domestik maupun mancanegara. Apabila Anda berniat untuk berwisata, tidak ada salahnya untuk datang ke tempat wisata batik di beberapa daerah ini.

Berikut 5 tempat wisata batik yang dihimpun oleh KompasTravel.

1. Kampung Batik Cigadug Bandung

Bagi Anda yang berada tidak jauh dari Bandung tidak ada salahnya untuk mampir ke sini. Kota yang satu ini juga memiliki kampung batik sendiri yang terletak di Jalan Cigadug Raya Timur. Anda bisa menemukan destinasi batik yang cukup terkenal di daerah ini yaitu Batik Komar dan Batik Hasan.

Tempat ini seringkali dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Anda bisa menikmati wisata batik yang disediakan oleh Batik Komar, misalnya. Di sana Anda akan diajarkan aneka ragam jenis batik sampai bagaimana proses pembuatan batik. Anda tertarik? Silakan datang ke kampung batik Cigadug pada hari Senin hingga Sabtu untuk menikmati wisata batik.

KOMPAS/ERWIN EDHI PRASETYA Salah satu sudut Kampung Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah, Kamis (2/7/2015). Kauman merupakan salah satu perkampungan tertua di Solo di mana kejayaan bisnis batik dan syiar agama Islam masa silam masih berjejak.

2. Kampung Batik Solo

Tidak lengkap rasanya kalau berkunjung ke Solo namun tidak membeli batik. Tentunya di kota ini Anda juga bisa menemukan kampung batik yang banyak dikunjungi wisatawan. Di Solo sebetulnya terdapat dua kampung batik. Yang pertama adalah Kampung Batik Laweyan dan Kampung Batik Kauman.

Yang menjadi perbedaan antara dua tempat tersebut adalah motifnya. Kampung Batik Laweyan memiliki ratusan jenis motif dan kecenderungan warna yang terang. Sedangkan Kampung Batik Kauman memiliki kecenderungan motif yang berwarna cokelat cenderung gelap.

Apabila Anda tertarik, Anda bisa mengunjungi Kampung Batik Laweyan yang terletak di Jalan Jalan Doktor Radjiman nomor 521, Laweyan, Jawa Tengah. Sedangkan Kampung Batik Kauman terletak di Jalan Wijaya Kusuma. Namun jalan akses yang sempit seringkali membuat wisatawan kesulitan untuk membawa kendaraan ke Kampung Batik Kauman.

3. Kampung Batik Ngasem

Apabila Anda berwisata ke Yogyakarta, jangan lewatkan kampung batik ini yang terletak di kawasan keraton. Terutama Anda kaum hawa, bersiaplah untuk berburu batik di sini. Harganya yang beragam bisa Anda temukan dari mulai Rp 40.000 hingga ratusan ribu rupiah. Tidak hanya kain dan baju batik yang bisa Anda temukan di sini, tapi juga aksesoris bisa Anda buru.

Misalnya seperti sarung bantal, taplak meja, sprei dan lainnya juga di jual di sini. Terdapat banyak sekali toko yang menjual batik di Kampung Ngasem ini di sepanjang jalan. Dengan seperti itu, Anda akan mendapatkan banyak pilihan dari berbagai toko.

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Mural batik karya warga sanggar Rumah Batik Palbatu, Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (2/10/2015). Memperingati Hari Batik Nasional, warga Palbatu mengadakan acara membatik sekampung dan membuat mural batik di dinding.

4. Kampung Batik Palbatu

Tidak hanya di Solo, Jakarta juga memiliki kampung batik sendiri. Meskipun tidak memiliki tempat yang begitu luas seperti di Laweyan, kampung batik ini sudah mendapatkan 2 penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri). Ketika Anda memasuki daerah Palbatu, Tebet, Anda bisa melihat jalan sepanjang 133 meter dicat dengan motif batik.

Tidak hanya itu, 100 rumah warga Palbatu pun di cat batik. Apabila Anda tertarik, tidak hanya sekadar membeli batik, Anda juga bisa mempelajari sejarah batik betawi serta proses pembuatannya juga.

5. Rumah Batik Jawa Timur

Datang ke Surabaya? Jangan lupa mampir ke tempat yang satu ini. Rumah Batik Jawa Timur terletak di Jalan Dukuh Bulak Benteng Timur nomor 94, Surabaya, Jawa Timur. Di sini Anda bisa melihat aneka ragam jenis batik yang berasal dari daerah-daerah di Jawa Timur. Rumah Batik ini juga membuka lebar-lebar kelas membatik bagi Anda yang tertarik untuk belajar membatik.

Selain itu Anda bisa juga berbelanja batik di sini, dari mulai eceran hingga grosir. Rumah Batik buka pada pukul 08.00 sampai 20.00 pada weekday, sedangkan saat weekend mereka akan buka dari pukul 08.00 hingga 19.00. Untuk kelas membatik sendiri diadakan pada pukul 10.00 sampai 19.00.

 

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/10/01/201400027/ini.dia.5.wisata.batik.yang.bisa.anda.kunjungi

Leave a Reply