Ini Kelemahan Beli Tiket Murah Di Travel Fair

JAKARTA, KOMPAS.com – Jangan dulu terlena dengan harga tiket yang diusung dalam pameran wisata. Meski lebih murah dibanding tiket penerbangan normal, sebenarnya tiket yang dibeli di pameran wisata juga memiliki kekurangan.

“Maskapai penerbangan akan lebih mudah menjual tiket penerbangan ke masyarakat Indonesia dengan mengakali masuk dan keluar di bandara yang sama. Itu jadi jauh lebih murah daripada masuk bandara satu keluar dari bandara lain. Sangat meminimalisir harga tiket,” kata Asisten Manager Marcomm & PR dari HIS Travel Agent, Rofiq S Saputro saat ditemui di acara Cool Japan Travel Fair, di Mal Taman Anggrek, Jakarta, Sabtu (17/9/2016).

Contoh kasusnya adalah tiket PP penerbangan ke Jepang yang rata-rata melalui Bandara Haneda di Tokyo atau Bandara Narita di Chiba. Masalahnya muncul ketika wisatawan baru sadar rute perjalanan yang dilalui dimulai dari Tokyo selesai di Kyoto atau Osaka yang merupakan golden road para wisatawan yang pertama kali ke Jepang.

Rute perjalanan Tokyo sampai Osaka memakan waktu sekitar empat jam, itu pun sudah menggunakan kereta cepat Shinkansen. Alhasil waktu wisata terpotong dengan waktu perjalanan hanya untuk kembali ke bandara.

Kasus lainnya adalah tiket promo ke Eropa. Misalkan tiket promo PP Paris, padahal Anda berencana melakukan perjalanan ke negara Eropa lain misal ke Belanda, Austria, dan Jerman. Anda juga sudah siap dengan visa Schengen di tangan. Apa benar Anda rela kembali lagi ke Perancis, hanya karena tiket pesawat promo yang Anda beli?

“Bisa meminta tiket yang berbeda, tapi tidak dapat harga promo. Untuk mengakalinya, agen perjalanan memberikan solusi lain seperti tiket penerbangan domestik,” kata Rofiq.

Misalnya di pameran Cool Japan Travel Fair, agen perjalanan HIS memberi alternatif dengan menawarkan tiket penerbangan lokal dan menginap di hotel gratis satu malam atau promo lainnya.

Sebelum tergiur dan membeli tiket murah di pameran wisata, coba ketahui dahulu rute perjalanan wisata Anda. Apakah Anda memang butuh tiket PP dengan tujuan yang sama atau tidak. Jangan sampai maksud hati ingin untung, malah jadi rugi atau kesulitan karena jadwal dan lokasi penerbangan yang tidak sesuai.

*****

KompasTravel kembali menghadirkan kuis “Take Me Anywhere 2”. Pemenang akan mendapatkan kesempatan liburan gratis yang seru ke Yogyakarta selama tiga hari dua malam.

Hadiah sudah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone. Klik link berikut: Cara Mudah Dapatkan Liburan Gratis di Yogyakarta Bareng “Take Me Anywhere 2”

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/09/17/211000427/ini.kelemahan.beli.tiket.murah.di.travel.fair

Leave a Reply