Ini Nasi Pedas Bali Yang Paling Tersohor

KUTA, KOMPAS.com – Nasi pedas satu ini begitu tersohor, hingga umumnya menjadi daftar kuliner wajib dijajal bagi para wisatawan khususnya yang baru pertama berkunjung ke Bali. Nasi Pedas Ibu Andika, warung nasi campur yang menjual kuliner khas Indonesia khususnya Bali.

Di warung nasi ini pengunjung akan mendapati berjejer lauk pauk khas Indonesia yang menggoda selera. Misalnya ayam suir, ayam goreng, ikan goreng garing, lawar (sayuran khas Bali), sayur singkong, sayur labu, dan lainnya.

Salah satu menu yang paling banyak diincar di Nasi Pedas Ibu Andika adalah kulit ayam yang digoreng garing. Jika Anda mendapat kulit ayam tersebut, Anda termasuk pengunjung yang beruntung. Sebab lauk tersebut sangat cepat habis.

Secara keseluruhan makanan yang dijual di warung Nasi Pedas Ibu Andika adalah jenis makanan rumahan dan akrab di lidah orang Indonesia. Untuk rasa sebenarnya tak ada yang istimewa dari lauk pauk Nasi Pedas Ibu Andika. Namun yang membuat Nasi Pedas Ibu Andika ini sangat terkenal adalah sambalnya yang super pedas.

Sambal di warung Ibu Andika ini memiliki level kepedasan yang luar biasa. KompasTravel beberapa kali makan di Nasi Pedas Ibu Andika. Terakhir berkunjung Rabu (18/9/2016). Selama bertahun-tahun, level kepedasannya sama sekali tak berubah.

Pedas di lidah dan awet di tenggorokan. Ini ah alasan mengapa Anda akan mendapati mayoritas konsumen Nasi Pedas Ibu Andika adalah wisatawan domestik ketimbang asing. Sebab level pedasnya sulit untuk diterima oleh orang asing. Bagi Anda yang tak suka pedas Anda dapat meminta tak menggunakan sambal sama sekali kepada petugas pengambil lauk.

Hal unik ketika Anda makan di Nasi Pedas Ibu Andika adalah kartu harga yang diselipkan di alas piring rotan. Setelah petugas mengambilkan lauk yang Anda tunjuk, maka ia akan langsung menghitung harga makanan yang Anda pilih.

Hanya, ia tak akan menyebutkan kepada Anda berapa harga makanan yang Anda pilih. Sebaliknya ia justru mengambilkan kartu yang telah tercantum nominal harga. Kemudian menyelipkan di alas piring Anda. Kartu harga ini akan Anda bawa setelah makan ke meja kasir dan membayar dengan nominal tersebut.

Harga makanan di Nasi Pedas Ibu Andika berkisar belasan sampai puluhan ribu rupiah, tergantung jenis lauk yang Anda pilih. Tentunya semakin banyak Anda memilih lauk daging maka harga akan lebih mahal.

Nasi Pedas Ibu Andika memiliki tiga cabang yang terletak di Jalan Patih Jelantik, Jalan Raya Kuta, dan Jalan Blambangan. Untuk Anda yang ingin menjajal Nasi Pedas Ibu Andika yang sudah buka sejak 22 tahun lalu, Anda dapat menjajal kapan pun Anda suka. Sebab warungnya buka 24 jam.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/10/07/141600227/ini.nasi.pedas.bali.yang.paling.tersohor

Leave a Reply