Ini Tips Rahasia Di Soto Betawi Afung

JAKARTA, KOMPAS.com – Menelusuri Gang Gloria di kawasan Pancoran Glodok, Jakarta Barat, Anda dapat menemui beragam kuliner khas dari Jakarta. Salah satu yang tersohor adalah Soto Betawi Afung.

KompasTravel berkunjung ke rumah makan ini, Senin (15/8/2016) atas rekomendasi Luke Nguyen, pakar kuliner Vietnam-Australia. Luke baru saja berpetualang kuliner di Jakarta untuk keperluan syuting program acaranya Luke Nguyen’s Street Food Asia di saluran televisi TLC.

“Ini soto betawi tapi yang buat asli China Betawi. Sudah dari tahun 1982,” kata Siti, pramuniaga di Soto Betawi Afung. Semua menu yang disajikan di Soto Betawi Afung halal dan menggunakan daging ayam dan sapi, atau jeroan sapi.

Pengunjung dapat memilih menu soto betawi dengan isian daging, campur, babat, paru, kikil, urat, atau daging ayam. Selain soto betawi, menu lainnya yang dihidangkan di Soto Betawi Afung hanya soto mi.

Pilihan saya jatuh pada soto betawi dengan isian daging. Tak lama, soto betawi dengan ciri khas kuah bewarna putih kekuningan dihidangkan. Soto betawi memang terkenal akan ciri khas penggunaan santan sehingga kuahnya tak terlalu encer.

Dibanding soto lain di Indonesia, kuah soto betawi memiliki rasa yang lebih berat, jauh dari kata ringan seperti Soto Kudus atau ambengan.

Soto Afung ini juga terbilang berbeda dengan soto betawi lainnya. Rasa kuahnya sangat gurih dan creamy. Saya sempat salah menebak jika soto ini menggunakan susu ketimbang santan. Sebab santan pada kuah benar-benar menyatu sempurna. Kuahnya juga memiliki warna putih yang intens ketimbang soto betawi umumnya.

Ternyata rahasianya bukan pada susu, melainkan pada rebusan sumsum tulang sapi. “Ini bedanya kita pakai kuah tulang sumsum. Tetap pakai santan kok,” kata Siti.

Selesai saya makan, ia baru mengungkapkan cara meracik isian soto. “Sebenarnya ada ini nih, sumsum sapi tapi cuma ditambahkan kalau pembelinya minta. Kalau tidak, kita tak akan kasih. Kolestrol,” kata Siti sambil tertawa.

Kompas.com/Silvita Agmasari Sum sum sapi, hanya diberi jika konsumen meminta di Soto Betawi Afung.

Inilah komposisi rahasia yang tak ada di menu Soto Betawi Afung. Komposisi tersebut jarang diketahui oleh konsumen yang baru berkunjung pertama ke Soto Betawi Afung.

Tentu jika ingin menambah gurihnya rasa soto dan kekentalan kuah, ekstra sumsum dapat menjadi pilihan. Tetapi jika Anda kolesterol, benar kata Siti, lebih baik hindari penggunaan ekstra sumsum.

Apalagi di Soto Betawi Afung, isiannya tak pelit. Semangkuk soto betawi isi daging memiliki daging yang cukup banyak, dengan kentang dan tomat. Harga seporsi Soto Betawi Afung adalah Rp 35.000. Dipukul rata untuk semua isian. Sedangkan untuk seporsi soto dan nasi dibanderol harga Rp 42.000.

“Ini harganya tidak ditulis di menu, karena memang sewaktu-waktu kan harga bisa berubah,” kata Siti.

Soto Betawi Afung buka tiap hari dari pukul 6 pagi sampai 4 sore. Untuk menuju Gang Gloria, di kawasan Pancoran, Glodok, Anda dapat menumpang Bus Transjakarta, berhenti di Halte Glodok. Dari sana berjalanlah sekitar 500 meter memasuki kawasan Pancoran.

Bertanyalah pada orang-orang sekitar letak Gang Gloria, karena gang ini tak memiliki papan nama. Di Gang Gloria Anda juga dapat menemui Kopi Es Tak Kie, kuliner legendaris Jakarta yang buka dari tahun 1927.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/08/20/061200427/Ini.Tips.Rahasia.di.Soto.Betawi.Afung

Leave a Reply