Jangan Hanya Wisata Di Jogja, Kunjungi 5 Tempat Wisata Dekat Jogja Ini

KOMPAS.com – Apabila Anda berwisata ke Yogyakarta, coba lanjutkan perjalanan di sekitar Yogyakarta. Mampir sejenak di daerah sekitar Yogyakarta seperti misalnya Magelang dan Boyolali. Berikut 5 tempat wisata di sekitar Yogyakarta yang patut Anda kunjungi.

Ketep Pass

Tempat yang satu ini jadi favorit di kalangan wisatawan terutama anak muda. Di sini Anda bisa menikmati pesona alam dari lima gunung sekaligus. Para wisatawan dapat langsung memandangi Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Slamet dan Sumbing.

Selain itu di Ketep Pass juga terdapat Museum Vulkanologi, Gardu Pandang, Teropong, Bioskop dan Pelataran Panca Arga. Anda dapat melihat pemandangan dengan teropong yang tersedia di Gardu Pandang dan Pelataran Panca Arga. Untuk memasuki Ketep Pass yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, Anda harus membayar Rp 7.500.

TRIBUNJOGJA.COM/AGUNG ISMIYANTO Sejumlah wisatawan tampak asyik melakukan rafting dengan perahu karet di Sungai Elo, Rabu (1/1/2014) siang. Kunjungan wisatawan di sejumlah obyek wisata di Kabupaten Magelang mengalami peningkatan cukup drastis saat liburan natal dan tahun baru kali ini.

Sungai Elo

Sungai ini terletak di Desa Pare, Magelang, Jawa Tengah. Sungai ini merupakan tempat favorit wisatawan untuk melakukan aktivitas rafting atau arum jeram. Bagi Anda pemula, terdapat kelas II dan kelas II yang bisa Anda lalui.

Selain itu jarak tempuh arum jeram tersebut sepanjang 12 km dan Anda dapat melalui dalam waktu 2,5 hingga 3 jam. Tertarik berkunjung? Sungai Elo dapat Anda tempuh dari Yogyakarta sekitar 40 menit dan tidak jauh dari Candi Mendut.

Pemandian Umbul Pengging

Seperti namanya, tempat ini adalah tempat pemandian yang sering dikunjungi wisatawan. Sebelumnya merupakan tempat pemandian pada masa Kasunanan Surakarta. Oleh karena itu pemandian ini sekilas terlihat berbeda dengan pemandian pada umumnya. Gaya arsitektur kuno tetap dipertahankan dan menampilkan ciri khas tersendiri.

Selain itu tempat pemandian ini dengan dikelilingi pepohonan yang membuat hawa di tempat ini terasa sejuk. Lokasinya di Desa Pengging, Kecamatan Banyudono, Boyolali.

Argowisata Sapi Perah

Anda dapat mengunjungi salah satu tempat sapi perah yang dijadikan argowisata di Boyolali. Boyolali merupakan daerah yang terkenal sebagai penghasil susu perah dan Anda dapat mengunjunginya di Kecamatan Cepogo.

Di sini Anda dapat melihat bagaimana sapi-sapi ternak tersebut dipelihara dari mulai memberikan makan hingga menjaga kebersihan kandang. Selain itu Anda juga dapat langsung belajar memerah susu yang didampingi petugas. Tidak ada salahnya Anda menambah pengetahuan bagaimana proses pembuatan susu yang Anda konsumsi.

Rahmad Azhar/National Geographic Indonesia Bukit Punthuk Setumbu memberikan alternatif lain untuk menikmati Borobudur dari kejauhan.

Punthuk Setumbu

Di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang, Anda bisa menikmati keindahan sunrise atau matahari terbit. Dari bukit yang memiliki ketinggian 400 meter, Anda bisa melihat detik-detik proses terbitnya matahari. Daerah bukit ini biasa disebut Punthuk Setumbu.

Untuk masuk ke tempat ini Anda hanya perlu membayar biaya retribusi sebesar Rp 15.000. Harga tersebut tidaklah mahal dibandingkan dengan keindahan yang Anda akan nikmati.

***

Ikuti kuis “Take Me Anywhere 2” yang diadakan KompasTravel bersama OPPO dan buktikan sendiri keseruan beraktivitas di Yogyakarta. Ikuti periode keempat “Quiz on Article” dengan klik artikel berikut: Gratis Liburan Seru di Yogyakarta, Mau?

Pemenang akan mendapatkan kesempatan liburan gratis yang seru ke Yogyakarta selama tiga hari dua malam. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesepatan memenangkan hadiah smartphone OPPO F1s.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/09/28/160700027/jangan.hanya.wisata.di.jogja.kunjungi.5.tempat.wisata.dekat.jogja.ini

Leave a Reply