Jelang Asian Games, Sumsel Promosikan Wisata Sungai

PALEMBANG, KOMPAS.com – Menjelang pelaksanaan Asian Games XVIII di Palembang tahun 2018, Provinsi Sumatera Selatan gencar mempromosikan beberapa destinasi wisata sungai untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga di Palembang, Senin (10/10/2016), mengatakan promosi ini sangat penting. Untuk itu, pemprov akan menggandeng agen perjalanan untuk mempromosikan destinasi wisata Sumsel dalam berbagai paket wisata.

(BACA: Bangkok Saja Punya Wisata Sungai, Palembang Juga Bisa!)

Selain itu, pemprov dalam dua tahun ke depan akan fokus membenahi infrastruktur dan fasilitas pendukung pariwisata.

Sementara itu, Asosiasi Biro Perjalanan Wisata (Asita) Provinsi Sumatera Selatan mengharapkan pemerintah mempercantik sarana dan prasarana di lokasi wisata Kota Palembang untuk menambah nilai jual di tengah tingginya persaingan pada sektor pariwisata.

Salah seorang anggota pengurus Asita Sumsel bidang promosi, Ari Afrizal mengatakan sebagian besar lokasi pariwisata di Palembang belum dikemas secara maksimal dari sisi infrastruktur, sehingga kurang menimbulkan kesan mendalam bagi para wisatawan.

ARSIP KOMPAS TV Pulau Kemaro di Palembang, Sumatera Selatan.

“Tempat-tempat wisata di Palembang ini sebenarnya sudah tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia tapi kurang begitu dikemas sehingga terlihat biasa saja. Seperti Bukit Siguntang, sebenarnya secara historis begitu luar biasa tapi secara tampilan biasa saja, malah cenderung tidak terawat,” kata Ari.

Kelayakan sarana dan prasarana pariwisata ini patut menjadi perhatian pemerintah karena menjadi alat promosi kepada wisatawan.

“Mereka yang datang ke Palembang diharapkan bercerita ke kerabatnya dan mau datang lagi ke sini. Tapi, jika meninggalkan kesan yang tidak baik maka tidak mungkin mau datang lagi,” kata Ari.
Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/10/12/074731027/jelang.asian.games.sumsel.promosikan.wisata.sungai

Leave a Reply