Jokowi Akan Hadir Di Karnaval Kemerdekaan Danau Toba, Ini Rencana Kegiatannya…

BALIGE, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Widodo dijadwalkan hadir di Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba di Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara pada Minggu (21/8/2016) dimulai pukul 15.00 WIB. Hal itu dikonfirmasi oleh Koordinator Bidang Acara Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba, Jay Wijayanto.

“Pak Jokowi nonton karnaval. Beliau masih nonton 500 meter sebelum finish. Posisi Jokowi di tengah di karnaval,” kata Jay kepada KompasTravel seusai jumpa pers di Karnaval Kemerdekaan Kelurahan Tiga Raja, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Jumat (19/8/2016) malam.

Menurut jadwal kegiatan Jokowi yang diterima KompasTravel, Jokowi akan turun dari mobil pada pukul 15.00 WIB di titik awal karnaval tepatnya di Soporung, Balige. Jokowi akan menuju ke arah panggung dengan didahului orang Monsak Toba – Simalungun dan Tor-Tor Tujuh Bidadari. Presiden duduk di kursi di panggung pelepasan.

Presiden juga akan menyanyikan lagu Indonesia Raya sekitar pukul 15.24 WIB. Selanjutnya, Jokowi akan memberikan ban lengan kepada sepasang Marshal Pasukan Semut yang dipilih dari sepasang anak SMP berprestasi.

Sekitar pukul 15.27 WIB, Jokowi akan melepas rombongan karnaval. Pelepasan rombongan karnaval ditandai dengan dengan pemukulan Gondang Telu sebanyak 7 kali oleh Jokowi.

Presiden Jokowi juga akan mengikuti karnaval dengan naik mobil hias karya perancang Yugo Mudayadi. Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Widodo akan menaiki mobil hias yang berbentuk wadah obat puyer yang sudah langka.

Seperti dikutip dariTribunnews.com, Jay mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi akan mengenakan ulos Ragidup Sirara sementara Ibu Negara Iriana mengenakan ulos bermotif Tum-Tum yang dipersiapkan oleh perancang mode Edward Hutabarat.

Informasi yang dihimpun KompasTravel, Ulos Ragidup Sirara adalah turunan dari Ulos Ragidup dengan dominasi warna gelap. Sedangkan Ulos Ragidup Sirara ditandai dengan warna merah yang menonjol.

KOMPAS.com/Mei Leandha Aneka jenis ulos yang ada di Galery Sianipar

Motif Ulos Ragidup memiliki garis-garis di bagian tengah yang mengantarai dua bidang putih di kedua ujungnya. Kedua pinggiran itu menyerupai pinggiran Ulos Ragihotang, yang khusus diperuntukkan bagi pria.

Ragidup berasal dari kata ragi dan idup yang bermakna corak yang hidup. Ulos ini diperuntukkan bagi kaum bapak atau bagi pribadi yang terhormat atau para raja.

Secara umum ulos diberikan kepada seseorang sebagai tanda penghormatan atau penghargaan kepada pribadi yang diterima dengan baik dan diakui sebagai bagian dari masyarakat pemberi ulos.

Sementara, ulos bermotif Tum-Tum memiliki asal-usul yang diperkirakan bersumber dari motifnya, yang dekat dengan makna menyala dan berdentum secara lembut. Motif ulos ini sudah mulai langka dan digunakan kaum ibu. Jenis ulos untuk kaum ibu dan perempuan dibedakan untuk kaum bapak dan laki-laki.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Nias, Sumatera Utara, Jumat (19/8/2016). Di dalam sambutannya, saat berdialog dengan pemerintah daerah, masyarakat, dan tokoh adat setempat di Pendopo Kabupaten Nias,Presiden Jokowi meminta kepada pemerintah daerah setempat agar fokus terhadap pengembangan potensi pariwisata.

Perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-71 RI tahun 2016 akan dipusatkan di Danau Toba, Sumatera Utara dengan tajuk “Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba”.

Beragam acara akan berlangsung dari tanggal 20-21 Agustus 2016 seperti karnaval budaya, parade perahu hias, pertunjukan konser musik, pesona tarian kontemporer, penampilan opera Batak, dan kuliner rakyat. Lebih dari 3.500 peserta akan berpartisipasi di Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/08/20/090000427/jokowi.akan.hadir.di.karnaval.kemerdekaan.danau.toba.ini.rencana.kegiatannya.

Leave a Reply