Jurnalis Kompas.com Raih Juara Dua Lomba Menulis Wisata Pesona Bahari

JAKARTA, KOMPAS.com – Jurnalis Kompas.com, Ronny Adolof Buol menyabet juara dua Lomba Menulis Wisata Pesona Bahari yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata Indonesia. Bersama pemenang lainnya, Ronny menerima Piala Menteri Pariwisata “Anugerah Pesona Bahari” langsung dari Menteri Pariwisata Arief Yahya di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (30/8/2016) malam.

“Jelas bangga dan merasa lebih bangga saat potensi wisata di pulau-pulau terluar yang ada di Sulawesi Utara mendapat perhatian lewat Anugerah Pesona Wisata Bahari ini,” kata Ronny.

Tulisan Ronny berjudul Magnet Wisata Bahari di Tapal Batas Itu Bernama Miangas menjadi peringkat dua terbaik dari kategori media online. Total artikel yang ikut serta dalam Lomba Menulis Wisata Pesona Bahari untuk para jurnalis tersebut sebanyak 367 artikel.

Dalam artikel yang ditulisnya, Ronny menceritakan pesona tapal batas paling utara Indonesia yaitu Pulau Miangas, Sulawesi Utara.

“Semoga ini juga memotivasi Pemerintah Talaud khususnya pemerintah Sulawesi Utara untuk lebih memaksimalkan berbagai fasilitas kepariwisataannya,” kata Ronny.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan jika Lomba Menulis Wisata Bahari adalah bentuk apresiasi bagi para jurnalis, sekaligus untuk mendorong potensi pariwisata bahari Indonesia. “Semakin banyak dan bagus tulisan teman-teman (wartawan), semakin maju pariwisata kita,” kata Arief.

Anugerah Pesona Bahari berupa lomba menulis bagi jurnalis ini diselenggarakan sejak tahun 2015. Tahun ini total hadiah yang diberikan bagi 15 pemenang dengan kategori media cetak surat kabar, media cetak majalah, dan media online dengan masing-masing juara harapan dua sampai pertama, juga pemenang Best of The Best, adalah Rp 500 juta.

“Proses penilain dilakukan secara matang oleh lima juri dari praktisi, akademisi, pemerintah, organisasi, dan media. Lomba ini adalah upaya promosi pariwisata, khususnya bahari yang potensinya cukup besar. Ini juga simbol apresiasi pemerintah terhadap wartawan. Diharapkan teman-teman dapat lebih mengekspos wisata bahari di Indonesia,” kata Ketua Panitia Lomba Menulis Wisata Bahari, Tri Wibowo.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/08/30/234359327/jurnalis.kompas.com.raih.juara.dua.lomba.menulis.wisata.pesona.bahari

Leave a Reply