Karakteristik Pelancong Papan Atas, Apakah Itu Anda?

JAKARTA, KOMPAS.com – Wisatawan terdiri dari banyak tipe, namum jika dibagi berdasarkan bujet, wisatawan umumnya dibagi menjadi dua tipe yakni tipe ransel atau tipe koper. Tipe wisatawan ransel atau lebih dikenal backpacker adalah mereka yang memiliki anggaran wisata terbatas. Disebut tipe ransel karena umumnya wisatawan menggunakan tas punggung yang praktis, erat kaitannya dengan bujet yang terbatas.

Tipe selanjutnya adalah tipe koper, yang memiliki bujet cukup tinggi hingga tak terbatas. Wisatawan ini umumnya mengutamakan fasilitas ketimbang bujet.

Namun menurut Managing Director sekaligus Chief Traveling Designer dari dREAMSCAPE, operator perjalanan kelas ekslusif, di acara peluncuran aplikasi dREAMSCAPE di La Moda, Plaza Indonesia, Jumat (23/9/2016) ada karakter khusus dari wisatawan dengan bujet tinggi. 

“Klien kami 98 persen adalah pemilik perusahaan, dua persen adalah eksekutif, dengan rentang usia 20-60 tahun. Biasanya mereka itu sibuk banget, dengan jam kerja bisa sampai 100 jam per minggu,” kata Fitri.

Dari kliennya, Fitri mempelajari jika wisatawan dengan bujet tak terbatas ini menginginkan kecepatan dan kepastian dalam berlibur.

“Mereka mau semua serba cepat dan mereka mau apa yang kita tawarkan itu sudah di-research (diteliti dengan survei lapangan) dulu sebelumnya,” kata Fitri.

Misalnya Fitri menceritakan ketika menawarkan hotel di suatu kota, ia harus lebih dahulu meneliti langsung untuk memberi penawaran pada klien.

“Mereka ini sering wisata tapi tak terlalu panjang (waktu bepergiannya), paling lama antara lima sampai sepuluh hari. Dalam satu tahun mereka bisa pergi tiga sampai empat kali. Rata-rata dua kali bersama keluarga, satu kali bersama pasangan, dan satu kali bersama teman-teman,” kata Fitri.

Ia menyebutkan waktu liburan menjadi waktu berkualitas bagi klien dia yang sehari-harinya sudah dipenuhi dengan jam kerja yang padat. Untuk jenis wisata, Fitri mengatakan kliennya memiliki banyak preferensi. Namun karena kebanyakan sudah mencoba destinasi wisata mainstream banya pula yang ingin mencoba destinasi wisata anti-mainstream. Tak heran dREAMSCAPE menawarkan paket wisata ke Korea Utara, Mongolia, atau Bhutan. 

“Untuk mereka bujet tak masalah, yang penting foto-foto di internet dan kenyataan tak berbeda. Maka itu kami harus research dulu,” kata Fitri.

Ia menambahkanpaket wisata dREAMSCAPE dimulai dari 3.000 dollar AS atau setara Rp 40 juta sampai miliyaran rupiah.

***

KompasTravel kembali menghadirkan kuis “Take Me Anywhere 2”. Pemenang akan mendapatkan kesempatan liburan gratis yang seru ke Yogyakarta selama tiga hari dua malam.

Hadiah sudah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone. Klik link berikut: Gratis Liburan Seru di Yogyakarta, Mau?

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/09/26/100300027/karakteristik.pelancong.papan.atas.apakah.itu.anda.

Leave a Reply