Ketika 227 Orang Membentuk “Menara Manusia” Di Singapura

KOMPAS.com – Castell, begitu nama tradisi ala Catalonia yang berupa human tower alias menara manusia. Catalonia adalah nama wilayah yang terletak di timur laut Spanyol. Tradisi castell dimulai pada abad ke-18 di kota kecil Valls, sekitar 40 kilometer sebelah barat Barcelona.

Di Kota Valls, masyarakat lokal punya kebiasaan untuk berpartisipasi dalam castell alias menara manusia. Sejak itu, castell menjadi tradisi unik yang kini masuk dalam UNESCO Cultural Heritage. 

Kamis (20/10/2016) kemarin, wisatawan yang berada di Sentosa Island bisa melihat langsung tradisi castell. Catalonia Tourism Board membawa 227 penduduk asli Catalonia untuk membuat castell yang berlokasi di Kidzania. Lebih dari 100 orang menonton pertunjukan ini. 

Mengutip rilis Catalonia Tourism Board, Jumat (21/10/2016), castell tak hanya digelar di Sentosa Island. Tepat hari ini, wisatawan bisa menontonnya di Customs House Terrace, Fullerton, mulai pukul 17.30-18.30 waktu Singapura.

Bagi orang Catalonia, castell adalah bentuk dari gotong-royong dan kerja sama. Wilayah Catalonia sendiri memiliki aspek sejarah, tradisi, gastronomi dan lanskap yang beraneka ragam.

Catalonia juga menjadi tempat syuting serial film ternama yakni Game of Thrones, tepatnya di Girona dan Tarragona. Catalonia uga memiliki Pyrenees, daerah pegunungan yang memukau serta deretan pantai terbaik di Eropa.

Catalonia pasti sudah tidak asing di telinga para pecinta seni. Wilayah ini merupakan tempat lahirnya beberapa seniman dunia, seperti Salvador Dali dan Antoni Gaudi. Seniman yang disebut terakhir itu adalah arsitek Sagrada Familia, Park Guell, dan beberapa bangunan ikonik lainnya di Barcelona.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/10/22/150800527/ketika.227.orang.membentuk.menara.manusia.di.singapura

Leave a Reply