Kuala Lumpur Akan Bangun “Hutan Hujan” Di Tengah Kota

KOMPAS.com – Taman Tugu, begitu nama taman yang akan dibuat di tengah kota Kuala Lumpur, Malaysia. Taman bertema hutan hujan seluas 26 hektar ini akan menempati wilayah tengah kota.

Mengutip situs Lonely Planet, taman ini akan dibangun persis mengelilingi monumen nasional Malaysia yaitu Tugu Negara. Pemerintah Malaysia menyebut taman ini “a rich and sustainable urban rainforest park“.

Saat ini, taman yang mengelilingi Tugu Negara ini punya sekitar 1.000 pohon. Nantinya, pemerintah Malaysia akan menambah 5.000 pohon endemik hutan hujan Malaysia di taman tersebut. 

TAMANTUGU.COM.MY Taman ini akan dibangun persis mengelilingi monumen nasional Malaysia yaitu Tugu Negara.

Taman bertema hutan hujan ini didesain sebagai tempat bersantai dan rekreasi untuk pengunjung. Akan ada juga area bermain untuk anak-anak, tempat acara indoor maupun outdoor, pusat ilmu pengetahuan, serta trek lari dan hiking.

Pemerintah Malaysia memang berkomitmen untuk menjadikan Kuala Lumpur sebagai kota yang ramah pejalan kaki. Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengatakan pada situs berita The Star Online, taman ini diharapkan bisa menyamai Central Park di New York atau Hyde Park di London.

Taman ini akan dibuka pada 2018. Rencananya, akan ada juga gerai makanan dan minuman serta fasilitas olahraga lainnya di taman tersebut.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/09/09/082600627/kuala.lumpur.akan.bangun.hutan.hujan.di.tengah.kota

Leave a Reply