Lewat “Boarding Pass”, “Hacker” Dapat Menemukan Rumah Anda

KOMPAS.com – Jangan pernah mengunggah dan membuang boarding pass Anda sembarangan. Sebab dari secarik kertas boarding pass penerbangan, semua data pribadi Anda dapat terkuak. Walaupun Anda telah memburamkan data nama penumpang di boarding pass tersebut.

Teori ini mungkin sudah kerap Anda dengar? Namun, seperti tampak dalam sebuah video dari USA Today, pembawa berita melakukan eksperimen terhadap penumpang pesawat di bandara. Ia mencoba scan barcode pada boarding pass para penumpang yang menjadi narasumber.

Hasilnya cukup membuat para pemilik boarding pass terkejut. Dengan aplikasi scanner biasa di smartphone, pembawa acara bisa mendapatkan nama lengkap, nomor penerbangan, destinasi tujuan, nomor kursi, gerbang keberangkatan, dan nomor pemesanan tiket. Dengan kata lain semua data yang ada di tiket terungkap hanya melalui scanner barcode.

“Saya pikir ini sungguh mengerikan, tak pernah terpikirkan sebelumnya,” kata seorang perempuan yang boarding pass-nya telah “dibaca”.

Scan barcode memang tak terbatas, bisa melalui medium kertas atau foto. Sekali scan semua data Anda bocor alias terungkap. Konsultan forensik cyber, Michael Burgess yang diwawancara CBS mengatakan, “Semua aplikasi scan ini gratis, Anda dapat melakukan hal menarik lewat scan ini, jika Anda masuk ke situs maskapai Anda mendapati semua data informasi penumpang tersebut,” kata Burgess.

Skenario terburuk disebutkan saat pemesanan tiket berikutnya, hacker dapat membelokkan alamat pemesanan ke email milik pribadinya. Maka terungkap semua data finansial Anda. CBS juga melakukan pencarian di media sosial dan ternyata ada banyak sekali foto boarding pass lengkap dengan barcode yang terpampang jelas, bertebaran di akun-akun pribadi.

Selanjutnya, hacker dengan mudah mendapatkan segala informasi pribadi Anda seperti alamat rumah hingga nomor telepon dan kartu kredit. Jadi, sebenarnya melindungi diri Anda sendiri sangat mudah, jangan memfoto dan membuang boarding pass. Sebab, jikahacker menemukannya, mereka bisa menemukan rumah Anda.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/10/02/150600227/lewat.boarding.pass.hacker.dapat.menemukan.rumah.anda

Leave a Reply