Lion Air Akan Buka Rute Filipina-Manado

JAKARTA, KOMPAS.com — Maskapai penerbangan Lion Air berencana membuka rute baru dari Filipina ke Manado pada akhir 2016. Lion Air akan terbang dari Kota Davao dan Cebu menuju Manado.

“Kami akan buka penerbangan dari Filipina (ke Manado). Ini strategi kami menjaring wisatawan di kolam ikan (Davao dan Cebu). Di Davao dan Cebu itu ada jutaan wisatawan asing,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam sambutan pada Launching Festival Pesona Selat Lembeh di Jakarta, Rabu (14/9/2016) malam.

Rencana pembukaan rute tersebut, lanjut Arief, muncul lantaran adanya potensi wisatawan mancanegara di dua kota tersebut. Menurut Arief, dua kota tersebut merupakan destinasi wisata bagi wisatawan asal China, Jepang, dan Korea.

“Kan penerbangan ke Manado hanya satu jam lebih sedikit. Alangkah baiknya kita membuka penerbangan dari Davao dan Cebu. Saya sudah ke China, Jepang, dan Korea. Mereka itu berkumpul di Davao dan Cebu. Kita jaring dan datangkan ke Manado. Maskapainya Lion Air,” tambah Arief.

Pemilik Lion Air Group, Rusdi Kirana, saat dikonfirmasi oleh wartawan, mengatakan, Lion Air rute Davao dan Cebu ke Manado akan mulai beroperasi akhir 2016. Ia menambahkan, rute Cebu-Manado juga diuntungkan dengan adanya penerbangan dari Korea ke Cebu.

“Tinggal kita kerja sama dari maskapai penerbangan dari Korea, Jeju Airlines. Pak Arief Yahya sudah ke sana, saya juga kenal direktur utama-nya. Kita akan kombinasi paket wisatanya. Dengan penerbangan paling lambat 1,5 jam, mereka (wisatawan mancanegara) tidak keberatan terbang ke negara lain (Indonesia) dan kota lain (Manado),” ujar Rusdi Kirana seusai konferensi pers.

Ia menambahkan, rute Cebu dan Davao ke Manado akan dilayani Lion Air dengan pesawat bertipe Boeing 737-900 berkapasitas 215 tempat duduk. Saat ini, menurut Rusdi, rencana rute baru tersebut tengah dalam proses pematangan hubungan bilateral antara Indonesia dan Filipina. 

*****

Ingin merasakan cantiknya alam dan budaya Yogyakarta? Ikuti kuis “Take Me Anywhere 2” yang diadakan KompasTravel bersama Oppo. Cukup klik link berikut untuk mengikuti kuis tersebut: Mau Liburan Gratis di Yogyakarta? Ikuti Kuis “Take Me Anywhere 2”

Pemenang akan mendapatkan kesempatan liburan gratis yang seru ke Yogyakarta selama tiga hari dua malam. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/09/14/190100727/lion.air.akan.buka.rute.filipina-manado

Leave a Reply