Lomba Gerak Jalan Indah Promosikan Pariwisata Kota Ambon

AMBON, KOMPAS.com – Lomba gerak jalan indah Amboina yang tiap tahun diselenggarakan untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-441 Kota Ambon dan HUT Gereja Protestan Maluku tahun 2016 kembali digelar, Sabtu (3/9/2016).

Lomba gerak jalan indah ini mengambil start dari depan Tribun Lapangan Merdeka. Dari sini, peserta lomba yang berjumlah 107 regu ini kemudian dilepas oleh Sekretaris Kota Ambon, Anthony Gustav Latuheru.

Para peserta kemudian melewati seumlah jalan utama di Kota Ambon seperti Jalan Pattimura, Jalan Ahmad Yani, Jalan Diponegoro, selanjutnya menuju Jalan AM Sangandji dan finish di Jalan AY Patty Ambon.

Pantauan di lapangan, tampak sisi kiri dan kanan jalan-jalan yang dilewati para peserta dipenuhi warga yang terus memberikan semangat. Sejumlah warga juga mengabadikan para peserta dengan berbagai jenis kamera dan juga ponsel.

Kostum yang dikenakan para peserta sangat unik dan menarik. Ada yang memakai kostum layaknya pasukan kerajaan Inggris, ada regu yang mengenakan kostum layaknya peserta Paskibraka. Ada juga regu yang mengenakan kostum khas Maluku seperti baju cele. Ada juga regu yang mengenakan kostum Tionghoa.

Lomba gerak jalan indah ini merupakan kerja sama antara Pemerintah Kota Ambon dan GPM Sinode Protestan Maluku. Gerak jalan indah Amboina ini sudah dimulai sejak tahun 1980 silam.

“Pemerintah Kota Ambon sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena kegiatan ini sangat menghibur masyarakat sesuai dengan tema HUT Kota Ambon yakni Ambon ceria,” kata Latuheru saat menyampaikan sambutannya.

Dia mengatakan lomba gerak jalan indah Amboina ini tidak hanya sekadar untuk menghibur warga kota, namun ajang tahunan itu kini telah menjadi ikon pariwisata baru di Kota Ambon.

”Ribuan orang menantikan acara ini dan menyaksikannya di jalan-jalan kota, ini sebuah daya tarik wisata untuk Kota Ambon,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Panitia Gerak Jalan Indah Amboina, di mana setiap tahun peserta lomba tersebut terus bertambah. Untuk tahun ini ada 107 regu dari tiga kategori yakni kategori remaja, kategori dewasa, dan kategori anak-anak.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/09/04/110700327/Lomba.Gerak.Jalan.Indah.Promosikan.Pariwisata.Kota.Ambon

Leave a Reply