Masyarakat Mulai Padati Titik Dimulainya Karnaval Kemerdekaan Danau Toba

BALIGE, KOMPAS.com – Masyarakat mulai memadati titik awal Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba di Soposurung, Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara, Minggu (21/8/2016).

Masyarakat dari berbagai usia berada di sisi kiri dan kanan Jalan Balige – Tarutung – Soposurung untuk menyaksikan karnaval. Salah satu pengunjung dari Kecamatan Posea, Toba Samosir, Nelson Manurung (47) datang bersama keluarga untuk menyaksikan karnaval. Ia mengatakan, ingin melihat budaya Batak dari wilayah lain yang tampil dalam karnaval.

“Tadi ada dari Papua. Saya mau lihat lebih banyak. Sekalian juga anak mau marching band. Yah semoga dengan acara ini Batak bisa dikenal orang tak hanya bisa ngomong keras tapi juga lembut hatinya,” kata Nelson kepada KompasTravel saat ditemui di titik awal karnaval.

Pengunjung lain, Karolina (49) yang datang dari daerah Lumban Loba, Kecamatan Bona Tualunasi, Kabupaten Toba juga sengaja datang untuk melihat karnaval. Namun, ia datang juga khusus untuk melihat Presiden Jokowi.

“Kalau Lumban Loba itu 15 kilometer dari Soposurung. Saya datang sama saudara sejak pukul 10 pagi. Maklum takut kehabisan tempat,” kata Karolina yang berprofesi sebagai guru itu.

Pantauan KompasTravel, beberapa mobil hias dari daerah Gorontalo, Jakarta, dan Jawa Timur telah bersiap untuk melakukan karnaval. Para penari dan marching band juga tampak bersiap menampilkan masing-masing kegiatan.

Perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-71 RI tahun 2016 dipusatkan di Danau Toba, Sumatera Utara dengan tajuk “Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba”. Tempat penyelenggaraan berlangsung di dua tempat yakni Parapat (Simalungun) dan Balige (Toba Samosir).

Beragam acara berlangsung dari tanggal 20-21 Agustus 2016 seperti karnaval budaya, parade perahu hias, pertunjukan konser musik, pesona tarian kontemporer, penampilan opera Batak, dan kuliner rakyat.

Lebih dari 3.500 peserta akan berpartisipasi di Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba. Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Widodo dijadwalkan hadir di Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba di Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara pada Minggu (21/8/2016) dimulai pukul 15.00 WIB.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/08/21/132005727/masyarakat.mulai.padati.titik.dimulainya.karnaval.kemerdekaan.danau.toba

Leave a Reply