Mau Internetan Lancar Di Jepang? Ini Kiatnya

JAKARTA, KOMPAS.COM – Internet adalah salah satu hal vital saat berwisata. Selain digunakan untuk mengangkses peta digital dan informasi terkait, internet juga berfungsi menghubungkan kerabat dan teman walau dipisahkan oleh jarak.

Masalahnya saat berwisata ke luar negeri, akses internet terbilang sulit diprediksi. Ada negara atau kota yang memiliki akses internet dari sim card handphone, ada pula yang memiliki akses internet gratis dari wifi yang tersebar di mana pun.

Apabila Anda berencana berwisata ke Jepang dan tetap ingin lancar berselancar internet, ada baiknya mempersiapkan dengan matang. 

“Di Jepang, internet tidak semudah di Indonesia yang bisa diakses dari sim card atau mencari wifi di restoran,” kata Assistant Manager dari Japan National Tourism Organization, Nova Auliatun Nisa saat bertemu KompasTravel di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin (29/8/2016). 

Menurut Nova, kartu sim card handphone di Jepang bisanya sudah satu paket dengan handphone yang dibeli. Juga harus didaftarkan dan kemudian baru aktif sekitar satu minggu kemudian. Untuk menyiasati penggunaan internet, Nova menyarankan menyewa router wifi internet.

“Banyak penyewaan router wifi. Satu router itu bisa dipakai beberapa orang dalam jangka waktu tertentu, misal seminggu. Jadi jauh lebih hemat,” kata Nova. 

KOMPAS/WINDORO ADI Distrik Shinjuku di Tokyo, Jepang.

Salah satu penyedia router Wifi untuk digunakan di Jepang adalah PT. JTB Indonesia yang memiliki persyaratan menyewa router yaitu membayar deposit sebesar Rp 1 juta per router, mengisi surat persetujuan, dan menyerahkan fotokopi lampiran paspor, KTP, juga tiket pesawat PP. 

Harga sewa router Wifi sendiri di JTB dibanderol harga Rp 80.000 per hari, dengan kuota unlimited. Alternatif lain selain sewa router adalah membeli kartu SIM card khusus yang disebut J-Walker. Dengan harga Rp 300.000 per SIM card, dengan kuota internet 200 MB untuk tujuh hari. 

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/09/11/114100427/mau.internetan.lancar.di.jepang.ini.kiatnya

Leave a Reply