Melancong Ke Klaten, Coba Wahana Baru Ala Astronot “Umbul Ponggok Walker”

KLATEN, KOMPAS.com - Melancong ke Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Anda harus coba sensasi beragam aktifitas di dalam air, mulai menunggangi aneka motor, sepeda, camping, hingga walking tour menggunakan helm khusus seperti astronot.

Diapit oleh dua kota yang sudah tersohor akan wisatanya, yaitu Solo dan Yogyakarta, tak membuat Klaten hilang kepercayaan diri. Tengoklah salah satu wisata unggulannya Umbul Ponggok yang berada di Desa Ponggok di Kecamatan Polanharjo.

Untuk menuju ke sana, Anda bisa memulai dari Yogyakarta sekitar satu jam menuju Klaten. Setelah melewati pusat Kota Klaten, ambil arah menuju Terminal Penggung, dan dari sana Anda sudah dekat dengan Desa Ponggok di mana terdapat banyak penujuk arah menuju Umbul Ponggok.

Hari itu cuaca sangat mendukung. Tepat pukul 10.30 KompasTravel beserta rombongan famtrip Dinas Pariwisata Jawa Tengah sampai di Umbul Ponggok, Sabtu (27/8/2016). Melihat waktu di mana matahari hampir berada tepat di atas kepala, rasa panas dan takut terbakar hilang ketika menyentuk air yang terasa dingin.

Di kolam seluas 6.000 meter persegi itu terdapat mata air alami yang membuat air begitu murni dengan suhu yang amat dingin.

Budi, seorang instruktur selam di sana mengarahkan beberapa persiapan sebelum beraksi di bawah air yang konon keindahannya seperti “Bunaken Air Tawarnya Klaten”. Ia menjelaskan pentingnya pemanasan, gunakan jaket pelampung, dan area-area terlarang yang dibatasi oleh pengelola.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Salah satu wisata unggulannya Umbul Ponggok yang berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Terlihat beberapa benda aneh berada di sisi kolam, motor dari matic hingga klasik C70, sepeda onthel, meja makan, kursi santai, televisi, hingga laptop. Barang itulah yang bisa disewa saat sesi pemotretan di dalam air.

Cobalah Anda berkeliling, melihat indahnya panorama bawah airnya, terdapat lebih dari lima spot foto di dalam. Salah satu yang favorit ialah tempat duduk ala taman, dengan dekorasi bunga-bunga berbentuk hati, sangat cocok untuk pasangan.

Anda cukup membayar jasa fotografer bagi yang tidak membawa kamera underwater, sebesar Rp 60.000 – Rp 100.000, sedangkan untuk properti tambahan seperti motor dapat disewa mulai Rp 30.000 – Rp 100.000 satu rombongan.

Bagi yang sudah biasa berfoto dengan properti tersebut, saat ini wisata unggulan Klaten tersebut memiliki wahana baru “Umbul Ponggok Walker”. Anda akan dibawa berjalan didasar kolam berkeliling atau melakukan aktifitas apa pun, tentunya didokumentasikan oleh tim penyedia layanan.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Wisatawan berfoto dengan sepeda motor yang sengaja diparkir sebagai tambahan obyek foto di dasar obyek wisata Umbul Ponggok di Desa Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Minggu (14/8/2016).

Wahana ini menggunakan helm khusus yang mengalirkan oksigen dari luar kolam ke dalam helm. Sehingga Anda tidak perlu tergesa-gesa mengambil nafas saat berfoto atau bermain dengan ikan di dasar umbul. Untuk menikmatinya, mulai bulan September 2016 Anda bisa menyewa seharga Rp 150.000.

Umbul Ponggok seolah tidak kehabisan akal untuk membuat wisatawan kembali berkunjung. Dengan jam operasional mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB setiap harinya, Anda dapat berkunjung lagi ke sana dengan harga tiket kini Rp 15.000 mulai bulan September 2016.
Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/09/02/200800327/Melancong.ke.Klaten.Coba.Wahana.Baru.ala.Astronot.Umbul.Ponggok.Walker.

Leave a Reply