Mengapa Kue Lapis Legit Dibanderol Dengan Harga Selangit?

JAKARTA, KOMPAS.com – Untuk ukuran kue tradisional, harga kue lapis legit memang jauh lebih tinggi dengan kue lainnya. Kue lapis legit di pasaran dibanderol dengan harga bervariasi.

Namun umumnya kue ini dibanderol dengan harga ratusan ribu rupiah. Bahkan ada kue lapis legit yang berharga hampir Rp 1 juta. Mengapa kue ini dibanderol dengan harga tinggi?

“Untuk membuat kue lapis legit ini butuh waktu empat setengah sampai enam jam,” kata Evan Kanoko, anak dari Sanny Gunawan, pembuat lapis legit di kawasan Mangga Besar, Jakarta sejak tahun 1985. Harga satu loyang lapis legit ukuran 20 cm x 20 cm buatan Sanny dibanderol Rp 900.000.

(BACA: Begini Asal-usul Lapis Legit yang Masuk Daftar Kue Terlezat di Dunia)

Evan yang ditemui KompasTravel, Rabu (31/8/2016) menceritakan rumitnya perjuangan sang mama, Sanny untuk membuat kue lapis legit.

“Selama proses pemanggangan, kue ini harus ditunggui. Tiap lapisnya harus dikontrol, apa ada gelembung di kuenya. Jika ada gelembung, kue dikeluarkan dari oven kemudian gelembungnya ditusuk. Setelah lapisan satu matang, kemudian dikeluarkan dan dilapisi lagi. Begitu seterusnya,” tutur Evan.

Gelembung pada kue jika tak dipecahkan dapat membuat lapisan kue menjadi tak rata dan adonan yang baru merembes ke lapisan bagian bawah kue. “Kalau gelembungnya sedikit, tentu lebih cepat selesai,” kata Evan.

Dalam satu kali proses pemanggangan, Sanny hanya dapat memanggang tiga loyang kue lapis legit ukuran 20 cm x 20 cm, atau lima loyang lapis legit ukuran diameter 18 cm.

Jumlah lapisan pada kue lapis legit dapat pula disimpulkan sebagai simbol kerja keras sang pembuat kue. Semakin banyak lapisan kue, maka semakin rajin dan sabar sang pembuat kue lapis.

Tak hanya teknik, kue lapis legit dibanderol dengan harga yang tinggi juga karena penggunaan bahannya yang tak murah.

Kue lapis legit kualitas nomor satu hanya menggunakan telur merah dari ayam kampung. Jumlah telur yang digunakan bisa mencapai 30 butir (tergantung besarnya loyang). Jangan lupakan butter, mentega, dan susu kualitas nomor satu yang mempengaruhi rasa kue.

Permintaan konsumen untuk variasi kue lapis legit menggunakan tambahan keju, plum, atau choco chips seperti kue lapis legit buatan Sanny juga membuat harganya makin tinggi. Inilah alasan mengapa kue lapis legit dibanderol dengan harga yang tinggi.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/09/02/100300327/Mengapa.Kue.Lapis.Legit.Dibanderol.dengan.Harga.Selangit.

Leave a Reply