Mengintip Ruang Kreatif Di Sanur…

DENPASAR, KOMPAS.com – Deretan bangku-bangku di Rumah Sanur terlihat berjejer rapi di pinggir Jalan Danau Poso, di bilangan Sanur, Denpasar, Bali sore itu. Sebuah papan bertuliskan “Enjoy Coffee” juga terpampang di pinggir jalan seakan menyambut pengunjung yang masuk ke Rumah Sanur.

Tak jauh dari papan tersebut, sebuah pohon berdaun rindang tumbuh. Seusai melewati pohon dan gerbang, bangunan berlantai dua itu terlihat.

Beberapa pengunjung terlihat tengah masyuk dengan perangkat laptop. Mereka duduk sambil menyesap kopi yang dipesan dari sebuah kedai di Rumah Sanur yakni Kopi Kultur.

Adalah Rumah Sanur, rumah bagi kegiatan komunitas-komunitas di Kota Denpasar dan sekitarnya. Pengunjung bisa bertemu dan bersantai bersama hingga membicarakan hal-hal kreatif nan inspiratif di Rumah Sanur.

Sebagai gambaran, Denpasar merupakan kota wisata budaya yang juga berstatus pusat pemerintahan, perekonomian, pendidikan, informasi, termasuk juga sebagai pusat kajian sejarah, seni, dan budaya. Pegiat dunia kreatif terus bergerak dan berinovasi di sudut-sudut kota.

“Rumah Sanur itu Creative Hub. Bisa dibilang tempat ketiga bagi komunitas. Tempat pertama rumah, kedua kantor. Kita sebagai tempat ketiga di mana orang yang datang ke sini dia tidak terikat yang sudah dialami di tempat lain. Orang bebas mau datang mau keluarkan ide,” kata Event & Partnership Manager Rumah Sanur, Inar Andrea Prakosa saat ditemui di lokasi, Jumat (14/10/2016) lalu.

Ide awal dari Rumah Sanur adalah menciptakan ruang kreatif bagi komunitas lokal, pebisnis, wirausaha, pedagang, dan pengembang start up termasuk pegiat industri kreatif. Kemungkinan untuk berkolaborasi dan memfasilitasi komunitas juga jadi tujuan Rumah Sanur.

Rumah Sanur menyediakan ruangan yang bisa digunakan untuk meeting, workshop, seminar, presentasi, hingga pameran-pameran kecil. Di sana, beberapa industri seperti kuliner dan toko juga bisa ditemui.

“Kita punya lebih dari 100 event yang bekerja sama dengan komunitas lokal. Ada kegiatan yang jadi andalan kita di sini yaitu tasting kopi,” jelasnya.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Pengunjung tengah masyum di depan laptop sambil bercengkerama di Rumah Sanur, Denpasar, Bali, Jumat (14/10/2016). Rumah Sanur adalah ruang kreatif bagi komunitas lokal dan pegiat kreatif yang berlokasi di Jalan Danau Poso.

KompasTravel bersama rekan wartawan sempat mengikuti acara tasting kopi saat berkunjung ke Rumah Sanur dalam rangkaian acara Media Fam Trip Artotel Sanur. Peracik kopi dari Kopi Kulture memberikan kesempatan pada wartawan untuk mencicipi kopi seperti Kintamani, Bali dan Yellow Cathura dari Manggarai.

Saat berkunjung ke Bali, Rumah Sanur bisa jadi pilihan singgah. Pengunjung bisa duduk santai sambil berbincang-bincang.

Kopi dari aneka daerah di Indonesia bisa dicoba. Secangkir kopi di Kopi Kultur dijual dengan harga mulai dari Rp 25.000.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa berburu oleh-oleh di toko yang masih terletak di area Rumah Sanur. Beragam produk-produk kreatif mulai dari kaus, tas, topi, dan aneka ragam barang bisa ditemukan.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/10/17/091200227/mengintip.ruang.kreatif.di.sanur.

Leave a Reply