Merti Bakpia, Wujud Rasa Syukur Pengusaha Bakpia Di Yogyakarta

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Merti Bakpia kelima sukses digelar di Patuk Ngampilan Yogyakarta, Minggu (18/9/2016) sore.

Ini adalah tahun kelima para pengusaha bakpia di Patuk membagikan bakpia gratis yang dikemas secara unik dengan acara kirab gunungan bakpia.

“Alhamdulillah tahun ini tambah banyak, gunungannya juga tambah banyak ada 5 kalau tahun kemarin cuma 2,” ujar Ketua Panitia, Wagiman.

Jumlah pengusaha yang ikut juga bertambah menjadi 160-an pengusaha dari sekitar 200 pengusaha bakpia yang ada di kawasan tersebut.

Menurut Wagiman, Merti Bakpia adalah cara pengusaha bakpia bersyukur atas rezeki yang melimpah akibat dari membuat makanan khas Yogyakarta tersebut.

“Sejak adanya Merti Bakpia 5 tahun lalu memang pendapatan kita bertambah dan makin dikenal wisatawan. Terbukti kalau Sabtu-Minggu atau masa liburan kita kesusahan lewat jalan kampung ini karena banyaknya kendaraan itu pertanda ramai dan majunya ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Sementara Koordinator Pembuatan Gunungan Bakpia, Maryani menceritakan butuh waktu satu minggu penuh untuk membuat 5 buah gunungan bakpia yang terdiri atas gunungan lanang wadon dan 3 gunungan anak-anak.

Pemasangan bakpia sendiri dipasang belakangan dan memerlukan waktu sehari semalam seusai kerangka gunungan jadi agar bakpia yang disajikan tetap fresh dan enak saat diarak.

“Jadi kami jamin bakpia yang dibagikan adalah produk terbaik yang fresh bukan yang jelek-jelek. Semuanya enak dan sangat layak makan,” tambah Maryani. (tribunjogja.com/Khaerur Reza)

*****

KompasTravel kembali menghadirkan kuis “Take Me Anywhere 2”. Pemenang akan mendapatkan kesempatan liburan gratis yang seru ke Yogyakarta selama tiga hari dua malam.

Hadiah sudah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone. Klik link berikut: Mau Liburan Gratis di Yogyakarta? Ikuti Kuis “Take Me Anywhere 2”

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/09/19/131000827/merti.bakpia.wujud.rasa.syukur.pengusaha.bakpia.di.yogyakarta

Leave a Reply