Panduan Lengkap Cara Menuju Raja Ampat

WAISAI, KOMPAS.com – Mencapai Raja Ampat sebenarnya tak sulit. Ada banyak alternatif transportasi yang dapat menjadi pilihan wisatawan. Namun demikian, Anda harus tahu jika Raja Ampat adalah kabupaten di Papua Barat dengan wilayah kepulauan. Empat pulau besar di Kabupaten Raja Ampat adalah Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool.

Sedangkan ibu kota Kabupaten Raja Ampat adalah Waisai, yang terletak di Pulau Waigeo Selatan. Bisa dibilang Waisai adalah titik memulai pertualangan di Raja Ampat. Inilah panduan transportasi untuk sampai ke Waisai, Raja Ampat dengan skenario lewat Jakarta.

1. Rute Penerbangan ke Sorong

Dari Jakarta ada lima maskapai penerbangan yang melayani rute penerbangan Jakarta-Sorong, yaitu Sriwijaya Air, Nam Air, Express Air, Lion Air, dan Garuda Indonesia. Harga tiket ke Sorong fluktuatif. Biasanya dihargai kurang lebih Rp 4 juta sekali jalan dari Jakarta.

2. Dari Bandara ke Pelabuhan Sorong

Sampailah Anda di Bandara Domine Eduard Osok di Sorong. Dari sini perjalanan harus dilanjutkan dengan perjalanan laut. Untuk menuju pelabuhan Sorong dari bandara ada beberapa alternatif. Pertama menyewa mobil, naik ojek, atau naik angkutan umum.

Jarak dari bandara ke pelabuhan sekitar 10 menit. Naik angkot warna kuning dengan trayek A dan B dari bandara cocok bagi Anda yang ingin menghemat biaya perjalanan. 

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Bandara Domine Eduard Osok di Sorong, Papua Barat, Sabtu (7/5/2016).

3. Dari Pelabuhan Sorong ke Waisai

Di Pelabuhan Sorong ada dua alternatif pilihan transportasi ke Waisai, yakni kapal cepat dan kapal lambat. Khusus kapal cepat hanya ada satu sampai dua jadwal keberangkatan tiap hari, yaitu Senin, Rabu, Jumat, kapal berangkat pukul 09.00 dan 14.00. Sedangkan hari Selasa, Kamis, Sabtu, dan Minggu hanya satu jadwal keberangkatan kapal cepat yaitu pukul 14.00.

Sedangkan untuk kapal lambat ada empat operator denga jadwal keberangkatan yang tentatif. Tiket kapal cepat dimulai dari harga Rp 130.000 (tergantung kelas) dengan durasi perjalanan sekitar dua jam, dan tiket kapal lambat dihargai Rp 100.000 dengan durasi perjalanan empat jam.

Sebenarnya ada pilihan lain jika Anda ingin menghemat waktu perjalanan yakni naik pesawat Susi Air dari Bandara Sorong menuju Waisai. Namun informasi terkait penerbangan harus Anda tanya langsung atau menelpon operator Susi Air, karena jadwal yang tentatif. 

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Para peserta ‘Special Interest Diving Famtrip’ media Perancis undangan Kementerian Pariwisata di Pulau Friwen, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Rabu (4/5/2016).

4. Transportasi Bertualang di Raja Ampat

Inilah bujet terbesar Anda selama di Raja Ampat. Hopping Island alias petualangan menjelajah pulau memakan biaya cukup tinggi. Bisa mencapai jutaan rupiah.

Harga sangat tergantung dengan pulau tujuan dan negosiasi Anda dengan pemilik kapal. Umumnya tiap penginapan selalu menyediakan jasa penyewaan kapal. Tipsnya, pergilah secara rombongan agar bujet dapat berkurang dengan dibagi banyak orang.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/10/17/054542127/panduan.lengkap.cara.menuju.raja.ampat

Leave a Reply