Pecel 99 Madiun Digandrungi Artis Hingga Presiden

MADIUN, KOMPAS.com – Berkunjung ke Kota Madiun di Jawa Timur terasa tak lengkap kalau tidak menyantap hidangan khas “Kota Gadis” ini. Salah satu menu andalan yang banyak dicari pelancong saat datang di kota yang berjarak sekitar 172 km dari Surabaya itu adalah nasi pecel.

Saat tiba di Madiun, Anda akan banyak ditawarkan aneka nasi pecel yang dapat dijumpai di berbagai tempat. Namun bila Anda menginginkan menu nasi pecel yang spesial tak salah bila mengunjungi Depot Nasi Pecel 99 milik Karyono di Jalan Cokroaminoto No 99, Kota Madiun.

Soal rasa dan selera dijamin tak akan mengecewakan. Bukan tanpa alasan. Lantaran nikmatnya Nasi Pecel 99 Madiun, mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun sudah dua kali datang langsung menikmati enaknya nasi pecel olahan Karyono-Herimurti pada tahun 2009 dan 2014.

Tak hanya SBY yang datang, ia mengajak istrinya, Ny. Ani Yudhoyono bersama menteri untuk langsung menikmati sedapnya Nasi Pecel 99 di Kota Madiun.

“Beliau sudah dua kali datang ke sini langsung untuk menyantap nasi pecel kami. Bahkan bila beliau menginap di salah satu hotel di Kota Madiun, pegawainya selalu mampir datang ke sini untuk memesan nasi pecel 99,” ujar Yayuk, salah satu pegawai Depot Nasi Pecel 99 kepada KompasTravel, Senin (5/9/2016) siang.

Tak hanya presiden yang datang ke Depot Nasi Pecel 99. artis-artis Ibu Kota seperti Coki Sitohang dan artis lainnya juga gandrung dengan Nasi Pecel 99 saat melancong di Kota Madiun.

Menurut Yayuk, cita rasa khas sambel kacang Depot Nasi Pecel 99 yang membuat berbeda dengan nasi pecel lainnya yang dijual di Kota Madiun. Untuk membuat sambel kacang yang istimewa itu, pemilik depot, Karyono meraciknya sendiri.

Para pegawainya tidak pernah mengetahui racikan bumbu dan resep yang digunakan bosnya sehingga sambel kacang Depot Nasi Pecel 99 benar-benar nikmat.

“Setiap hari bapak yang membuat racikannya dan langsung memberikan kepada kami bahan jadinya,” ungkap Yayuk.

Karyono bersama istrinya, Heri Murti memulai usaha nasi pecelnya sejak tahun 1987. Selama kurang lebih 29 tahun Depo Nasi Pecel 99 tak surut dari pembeli mulai dari kalangan warga biasa hingga pejabat.

Bukan tanpa alasan memilih depot Nasi Pecel 99 untuk disinggahi. Selain rasa sambel pecelnya yang menggigit lidah, harganya pun terjangkau untuk pelancong yang berkantong pas-pasan.

Untuk satu pincuk nasi pecel berisi sayuran kecambah, kacang panjang, bayam, daun pepaya, mlanding, kemangi, kerupuk khas Madiun, serundeng plus nasi, Anda cukup membayar Rp 7.000 saja. Murah bukan?

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/09/06/091600027/Pecel.99.Madiun.Digandrungi.Artis.hingga.Presiden

Leave a Reply