Pelesir Ke Gunung Merapi? Kunjungi 5 Tempat Ini…

KOMPAS.com – Liburan ke Yogyakarta, sempatkan waktu menjelajahi Gunung Merapi. Salah satu caranya adalah dengan melakukan aktivitas Merapi Lava Tour. 

Dengan menggunakan jeep,  Anda bisa menjelajahi jalanan berbatu bekas erupsi Gunung Merapi. Jenis jalanan yang off-road, membuat petualangan Anda akan semakin seru dengan menyusuri jalan menanjak. Di Gunung Merapi sendiri ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi, berikut lima di antaranya:

KOMPAS/ANASTASIA JOICE Kerangka sapi di Museum Sisa Hartaku

Museum Sisa Hartaku

Mendengan kata museum pastinya Anda memikirkan tentang peninggalan sejarah yang berasal dari masa lampau. Museum yang satu ini pun juga menyajikan cerita peristiwa enam tahun silam. Pada 2010, Gunung Merapi meletus dan mengubur kawasan terdekatnya dengan lahar panas.

Warga kemudian berinisiatif membuat museum. Museum ini berisikan sisa-sisa barang yang telah rusak terkena lahar panas. Walaupun ada beberapa kolektor yang tertarik untuk membeli barang-barang tersebut, warga tidak menjualnya. Museum ini merupakan salah satu penggalan cerita sedih saat Gunung Merapi meletus pada 5 November 2010 lalu.

Beberapa yang dipamerkan dalam museum ini di antaranya sepeda motor, gamelan, kerangka hewan, dan beberapa perlengkapan rumah tangga yang telah meleleh pastinya. Museum ini terletak di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman. Untuk masuk ke museum ini Anda tidak akan dipungut biaya melainkan memberikan seikhlasnya di kotak yang telah disediakan.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Wisatawan mengunjungi batu alien di tepi Kali Gendol, Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta, saat mengikuti wisata lava tour di kaki Gunung Merapi, Jumat (17/5/2013). Wisata mengunjungi daerah bekas aliran lava erupsi Merapi ini dipungut biaya Rp 300.000 – Rp 500.000 per trip.

Batu Alien

Batu ini bukanlah batu yang berasal dari planet lain ataupun berasal dari mahkluk alien. Batu ini merupakan batu berukuran besar yang keluar dari mulut Gunung Merapi ketika erupsi pada tahun 2010 lalu. Dikatakan besar karena batu ini memiliki diameter sekitar 5 meter.

Sedangkan dikatakan alien karena bentuk dari batu tersebut yang seperti wajah manusia. Namun masyarakat di sana mempercayai batu tersebut menggambarkan mimik wajah seseorang yang sedang sedih. Apabila dilihat dari sisi samping batu, terlihat jelas seperti kepala manusia yang dilengkapi mata, hidung, mulut, telinga hingga dagu.

Dulunya tempat batu ini berada terdapat rumah warga dan kandang ternak yang saat ini telah hancur karena erupsi Gunung Merapi.

Bunker Kaliadem

Bunker ini merupakan salah satu tempat perlindungan ketika Gunung Merapi meletus. Namun, pada peristiawa Gunung Merapi meletus pada 2010 silam, dua orang relawan yang berusaha menyelamatkan dirinya dengan berlindung dalam bunker ini tidak mampu menahan panas lahar yang mencapai 6000 derajat celcius.

Namun walaupun telah dua kali tertimpa lahar panas, bunker ini masih berdiri kokoh. Bunker ini terletak di Desa Kaliadem yang merupakan lokasi terparah dari erupsi Gunung Merapi. Saat ini bunker dimanfaatkan sebagai obyek wisata.

Wisata Air Kali Kuning

Kali kuning ini letaknya di lereng Gunung Merapi. Bersumber dari mata air Umbul Wadon yang juga aliran dari Sungai Opak. Anda akan terpesona dengan keindahan alam yang disuguhkan oleh Kali Kuning.

Kejernihan air juga sering digunakan oleh warga sekitar untuk kebutuhan air sehari-hari. Pemandangan Gunung Merapi yang menjulang tinggi bisa jadi spot berfoto Anda. Di sana juga terdapat jembatan kuno yang dibangun pasukan Belanda yang masih kokoh berdiri. Untuk masuk ke kawasan Kali Kuning, Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000 saja.

Bukit Glagahsari

Bukit ini terletak di lereng gunung merapi yang jaraknya sekitar 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi. Banyak yang tidak tempat ini yang juga sering dikenal dengan nama Gardu Pandang Glagahsari. Anda dapat menikmati pemandangan Gunung Merapi dan area-area yang menjadi korban erupsi.

Selain itu Anda juga dapat melihat ramainya kota Yogyakarta dan sekitarnya dari atas menara. Namun untuk akses menuju bukit ini, Anda perlu adrenalin tinggi karena jalannya yang tergolong off-road melewati jalur truk penambang. Bukit Glagahsari terletak di desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman.

Seperti apa penjelajahan Gunung Merapi? Ikuti saja kuis “Take Me Anywhere 2” yang diadakan KompasTravel bersama Oppo dan buktikan sendiri keseruan beraktivitas di Yogyakarta.

Cukup klik link berikut untuk mengikuti kuis tersebut: Mau Liburan Gratis di Yogyakarta? Ikuti Kuis “Take Me Anywhere 2”

Pemenang akan mendapatkan kesempatan liburan gratis yang seru ke Yogyakarta selama tiga hari dua malam. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone Oppo F1s.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/09/16/160900327/pelesir.ke.gunung.merapi.kunjungi.5.tempat.ini.

Leave a Reply